Inspirasi Jumrin : Melawan Kemiskinan, Kerja Serabutan demi Pendidikan – Kendari Pos
Edukasi

Inspirasi Jumrin : Melawan Kemiskinan, Kerja Serabutan demi Pendidikan

KENDARIPOS.CO.ID — Jumrin S, begitu teguh menjalani hidup. Ia tak lahir dari keluarga mapan secara ekonomi. Kedua orang tuanya tak pernah mengenyam pendidikan formal. Namun Jumrin tak patah arang, justru membuatnya bersemangat mengubah ekonomi keluarga. Ia bekerja keras untuk melawan kemiskinan dan bangkit dari keterpurukan.

Ayah tiga anak ini, yakin setiap ada kemauan, pasti ada jalan. Jumrin menempuh jalan liku dan berlubang sebelum menduduki kursi
Kepala Sekolah SMPN 17 Kendari. “Orang tua saya tidak mampu. Dari sisi pendidikan, bisa dikatakan orang tua saya itu tidak pernah
menempuh pendidikan formal,” tutur Jumrin, mengusap air mata saat bernostalgia, kemarin (10/3).

Jumrin S bersama istri dan anak-anak

Niat untuk mengubah hidup makin kuat saat orang tuanya pergi selama-lamanya pada tahun 1976. Hati Jumrin tersayat saat melihat anak tetangga bersekolah, sedang ia keterbatasan keuangan keluarga. Jumrin ngotot untuk bersekolah, meskipun orang tuanya melarang.
Jumrin berusaha meyakinkan orang tuanya bila pendidikan akan mengubah jalan hidup. “Saya Sekolah Dasar (SD) inisiatif sendiri. Orang tua saya sebelumnya tetap melarang saya. Namun saya tetap bersekolah,” ungkapnya.

Kepala SMPN 17 Kendari Jumrin S (kiri) saat menerima sertifikat lomba sekolah ramah anak 2019.

Lulus SD, ia bingung. Ia tak tahu bagaimana cara menjalani pendidikan ke tingkat selanjutnya. Ekonomi keluarganya tak memungkinkan. Anak bungsu dari 10 bersaudara ini sempat berdebat dengan sang ibu karena meminta untuk disekolahkan. Ia mencoba meyakinkan sang ibu, bila selama sebulan bersekolah akan menyusahkan ekonomi keluarga, ia akan berhenti. “Saya pun dibantu guru saya meyakinkan orang tua saya, agar saya tetap lanjut sekolah di SMPN Balong Kabena,” ujarnya.

Waktu berputar, beberapa bulan ia sekolah, ia tak menyusahkan keluarganya. Ia membiayai pendidikan dengan bekerja serabutan. Kadang mencari kayu bakar untuk dijual. Kemiskinan membuatnya harus bekerja ekstra dibandingkan dengan anak seusainya. “Siang hari mencari kayu bakar kemudian dijual untuk sesuap nasi dan tentu biaya sekolah. Di malam hari, sebagai anak pinggir laut, saya mencari buruan yang tentu bisa dijadikan pundi-pundi uang. Itu saya lakoni selama 3 tahun,” ujarnya.

Kepala SMPN 17 Kendari Jumrin S (kiri) mendampingi siswa-siswinya yang menjadi juara I Duta Literasi Simpel.

Masalah ekonomi, kembali menghalang mimpinya untuk masuki Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN 1 Baubau). Namun, tekad yang kuat membuat Jumrin melawan nasib. Ia memilih meninggalkan Pulau Kabaena, ia melanjutkan pendidikan di SMAN 1 Baubua. “Orang tua saya mengirimkan uang kala itu Rp 5 ribu. Saya sadar orang tidak mampu, uang tersebut hanya digunakan Rp 2 ribu rupiah saja, sisanya ditabung. Tabungan itu pun saya niatkan untuk kembali melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi. Alhasil, lulus SMA, uang tabungan itu terkumpul Rp 371 ribu,” tuturnya.

Semasa SMA, ia juga melakoni berbagai pekerjaan untuk biaya hidup. Ia menjadi anak buah kapal rute Kabaena-Baubau. Usai menyelesaikan pendidikan di SMAN 1 Baubau, Jumrin pengin mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi. Ia merantau di Kota Kendari untuk melanjutkan studinya di Universitas Halu Oleo. Tiba di Kendari, ia mencari informasi seleksi tes masuk Diploma II Matematika. Hasilnya, dinyatakan lulus dengan bebas tes.

Ia diwisuda tahun 1990. Namun setelah dirinya menyelesaikan sekolah, harapan untuk bisa langsung menjadi seorang guru, tidak terealisasi. Jumrin pun memutuskan untuk kembali di kampung halaman, bekerja apa saja untuk membantu sang ibu. “Satu tahun bejalan, ibu saya meminta saya untuk kembali ke Kendari untuk mengejar nasib. Kata-kata ibu yang masih teringat adalah, jangan pulang sebelum jadi guru. Kata itu menjadi spirit bagi saya kembali ke Kendari. Tahun 1991 berkat prestasi semasa sekolah saya menjadi salah satu dari 5 orang yang diprioritaskan untuk diangkat menjadi guru,” ujarnya. (yog/b)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy