Inflasi Sultra Diprediksi Meningkat, BI Pastikan Layanan Publik Tetap Berjalan – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Inflasi Sultra Diprediksi Meningkat, BI Pastikan Layanan Publik Tetap Berjalan

Surya Alamsyah

KENDARIPOS.CO.ID — Wabah Covid-19 turut mempengaruhi kinerja ekonomi nasional maupun daerah. Di Sulawesi Tenggara, tingkat inflasi diperkirakan mengalami peningkatan dalam jangka pendek. Informasi itu diungkapkan Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Sultra, Surya Alamsyah.

“Untuk jangka pendek, perkiraan kami inflasi akan meningkat. Karena apa? Masyarakat akan berusaha untuk mengurangi intensitasnya berbelanja. Hal ini sesuai dengan arahan pemerintah untuk berdiam diri. Jadi, ketika berbelanja akan lebih banyak untuk mencukupi kebutuhan selama beberapa hari,” ujarnya kepada Kendari Pos, Jumat (27/3).

Kendati harga cenderung meningkat, lanjut dia, Bank Indonesia Sultra optimistis bahwa peningkatan tersebut masih terkendali. Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) pun memastikan distribusi barang berjalan dengan baik dan pasokan mencukupi. BI Sultra akan bersinergi dengan pemerintah setempat dan otoritas terkait dalam menempuh langkah bersama untuk memitigasi dampak penyebaran Covid-19 terhadap stabilitas ekonomi di Sultra.

BI Sultra juga tetap menjaga stabilitas sistem keuangan dan terselenggaranya layanan sistem pembayaran yang aman dan lancar, serta memastikan ketersediaan Rupiah di masyarakat. Layanan publik di BI Sultra tetap berjalan normal, baik BI Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), maupun layanan penarikan dan penyetoran Rupiah dari perbankan dengan penyesuaian jadwal.

“Uang yang tersedia sangat mencukupi, dengan asumsi jika bank melakukan penarikan. Namun hingga saat ini penarikan dan setoran bank relatif kecil jumlahnya,” terangnya.

Dalam rangka menjaga pertumbuhan ekonomi di tengah penyebaran Covid-19, BI Sultra mengimbau masyarakat mengutamakan transaksi nontunai. “Jika mengutamakan keamanan dalam hal ini mininalisir interaksi langsung, sebaiknya menggunakan sistem pembayaran nontunai. Pakai QRIS agar minimalisir penggunaan uang kartal,” imbaunya. (b/uli)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy