Hutannya Dieksploitasi, Sultra Tak Kebagian PNPB – Kendari Pos
Metro Kendari

Hutannya Dieksploitasi, Sultra Tak Kebagian PNPB

KE4NDARIPOS.CO.ID — Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) melalui Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) di Sultra cukup besar. Dari 70 izin yang diterbitkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), PNBP mencapai Rp 208 miliar. Ironisnya, Sultra tak mendapatkan satu pesan pun dari uang tersebut.

DPRD Sultra meminta Pemprov dengan segala kewenangannya harus melobi pemerintah pusat agar PNBP juga diporsikan untuk daerah. Pasalnya, anggaran tersebut bersumber dari IPPKH yang terbit dan berlokasi di Sultra. “Harusnya kita mendapatkan imbalan atas kawasan hutan kita yang digunakan baik pertambangan atau pun kepentingan yang lain,” tutur anggota Komisi III DPRD Sultra, Abdul Salam Sahadia saat ditemui di Kantornya, DPRD Sultra, kemarin.

Politisi Demokrat ini siap membantu melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat terkait dana bagi hasil dari penerbitan IPPKH di Sultra. “Karena untuk melakukan pengawasan atas pengalihan fungsi hutan itu memerlukan biaya. Kemudian, kejadian-kejadian yang tidak diinginkan dari perubahan fungsi hutan pun harus diperhitungkan. Ini harus menjadi landasan, sehingga PNBP dari IPPKH yang berada di Sultra juga bisa masuk dalam dana bagi hasil (DBH) dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah,” ungkapnya.

Kepala Bidang Perencanaan dan Pemanfaatan Hutan Dinas Kehutanan (Dishut) Sultra, Beni Raharjo mengungkapkan 70 IPPKH tersebut memiliki luasan sekitar 69 ribu hektar. “Itu semua tersebar di Sultra. Ada yang diterbitkan untuk kepentingan pertambangan, ada juga untuk kepentingan kelistrikan dan lain sebagainya. Jadi, tidak hanya untuk tambang,” katanya.

Beni mengakui secara kelembagaan pihaknya tidak pernah menerima dana bagi hasil dari PNBP IPPKH yang berada di Sultra. “Jumlahnya itu sekitar Rp 208 miliar. Kita justru mengharapkan dari pendapatan itu bisa mengeluarkan dana bagi hasil untuk kepentingan-kepentingan yang juga berkaitan dengan IPPKH tersebut, seperti pengawasan dan monitoring,” pungkasnya. (b/yog)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy