Hoaks Merebak, Mari Menjadi Pembaca yang Cerdas! – Kendari Pos
Nasional

Hoaks Merebak, Mari Menjadi Pembaca yang Cerdas!

KENDARIPOS.CO.ID — Di tengah pandemi Covid-19, informasi hoaks juga merebak. Di media sosial maupun bentuk pesan berantai. Gubernur Sultra, Ali Mazi meminta masyarakat lebih cerdas dalam menyaring setiap informasi. Jangan langsung percaya begitu saja. Pastikan kebenarannya, baik melalui media dengan sumber yang jelas atau langsung bertanya pada gugus tugas penanganan covid-19.

Ali Mazi mengatakan, dalam penyebaran Covid-19 saat ini menjadi sangat berbahaya akibat maraknya info hoaks. Bahkan, penyebaran info hoaks bisa lebih cepat dibanding pandemi Covid-19. “Kita harus menjadi pembaca cerdas, menyaring setiap bacaan yang masuk. Kami juga terima kasih kepada media, telah banyak mengedukasi masyarakat melalui pemberitaan,” ungkap Ali Mazi.

Plt.Kepala Dinas Kominfo Sultra, Syaifullah

Politisi NasDem itu melanjutkan, saat ini bahkan telah ada gugus tugas Covid-19 Sultra yang terus mengupdate informasi tentang total penyebaran Covid-19 di Sultra. “Di Sultra sekarang sudah ada tiga pasien positif. Tetapi berdasarkan pantauan, kondisi mereka saat terus membaik. Tetapi untuk kategori ODP memang cukup banyak. Makanya, saat ini mereka kita minta terus mengisolasi diri dulu secara mandiri, dan banyak juga dari ODP yang sudah benar-benar sehat setelah isolasi diri dan sudah hilang status ODP-nya,” terangnya.

Status ODP ini, kata dia banyak diberikan kepada masyarakat yang habis bepergian keluar wilayah Sultra.”Tapi saat ini kita sudah menegaskan agar seluruh warga tetap berada di rumah. Serta jangan ada yang pulang kampung dulu. Demi memutus penyebaran Covid-19. Ketika kita sadar dan mau mengikuti arahan maka virus ini insya Allah cepat hilang,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Diskominfo Sultra, Syaifullah menyebutkan, saat ini berdasarkan data gugus tugas Covid-19 Sultra total orang dalam pemantauan (ODP) 2.659. Di mana yang telah selesai dalam pemantauan sekira 1.456 orang. “Jadi saat ini ODP Sultra masih sekira 1.203 orang. Tetapi untuk total yang positif masih sama yakni tiga orang dan belum mengalami penambahan maupun pengurangan hingga saat in,” imbuhnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy