Helatan Event Festival Tukang Besi di Wakatobi tak Jelas – Kendari Pos
Wakatobi

Helatan Event Festival Tukang Besi di Wakatobi tak Jelas

H. La Jumadin

KENDARIPOS.CO.ID — Sebelumnya, jadwal perhelatan Festival Pulau Tukang Besi telah ditetapkan. Namun saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi belum memastikan agenda tahunan tersebut bisa terlaksana sesuai rencana awal. Pasalnya, penyebaran virus Covid-19 yang kini telah masuk ke Indonesia bahkan Sulawesi Tenggara perlu perhatian dan kewaspadaan yang tinggi. Akhirnya, banyak agenda, rapat hingga pertemuan yang melibatkan orang dalam jumlah banyak ditiadakan sementara waktu.

Sekretaris Kabupaten (Sekab) Wakatobi, H. La Jumadin, mengaku, perhelatan Festival Pulau Tukang Besi belum dipastikan dihelat pada tanggal 28-29 Maret nanti. Mengingat pihak pemerintah masih akan melakukan pertemuan untuk membahas agenda tahunan ini. “Jangankan kepastian, kita mau rapatkan saja untuk membahas masalah ini belum bisa dilakukan karena untuk sementara ditiadakan dulu pertemuan. Nanti akan kita bicarakan apakah akan diundur atau seperti apa,” ujarnya, kemarin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kretaif (Parekraf) Wakatobi, Nadar, menuturkan sejauh ini persiapan festival di Pulau Binongko tersebut hampir rampung. Panitia kegiatan bahkan telah bekerja keras untuk mempersiapkan segala keperluan yang dibutuhkan dalam festival ini jauh-jauh hari. “Tapi sampai sekarang kita belum bisa juga memastikan agenda ini jadi sesuai jadwalnya atau diundur dulu. Karena kita tahu bersama bahwa kita sementara melakukan pencegahan penyebaran virus corona,” ungkapnya.

Padahal perhelatan event tinggal sepekan lagi. Festival Pulau Tukang Besi merupakan pagelaran budaya tukang besi masyarakat Pulau Binongko yang menampilkan gelaran seni, kuliner lokal, tradisi hebangka-bangka (lomba perahu mini) hingga kearifan lokal. Festival ini perdana dilakukan sejak tahun 2016 lalu. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy