Harga Gula Pasir Belum Turun – Kendari Pos
Metro Kendari

Harga Gula Pasir Belum Turun

KENDARIPOS.CO.ID — Harga gula pasir di pasaran belum turun. Satu kilogram gula pasir harganya kini dibandrol Rp 17.500-an. Padahal Pemkot Kendari bersama Bulog Sultra telah melakukan operasi pasar. Tingginya harga gula pasir dipasaran disebabkan stoknya yang terbatas. Hal ini disebabkan jumlah permintaan yang mengalami peningkatan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sultra, Hj Siti Saleha mengatakan tingginya permintaan ini merupakan fenomena musiman jelang bulan Ramadan. Kondisinya semakin diparah dengan adanya kekhawatiran atas merebaknya virus corona. Warga yang merasa khawatir pun membeli kebutuhan pokok dalam jumlah yang banyak.

“Mengantisipasi hal itu, kami sudah melakukan koordinasi dengan Satgas Pangan Bulog. Upaya ini untuk memastikan ketersediaan kebutuhan pokok di Sultra. Daerah yang stok gula pasirnya surplus akan didistribusikan ke daerah yang defisit terutama wilayah yang terjadi gejolak harga,” ujarnya kemarin.

Diakuinya, lonjakan harga untuk gula pasir cukup signifikan. Dimana kenaikan harga hingga 18,9 persen atau Rp. 17.633 per kilo diatas harga eceran tertinggi Rp. 12.500 per kilo. Ini merupakan gula pasir pada pasar pantauan selama bulan Maret 2020. Kekurangan stok ini akibat produsen gula baru akan memulai musim giling tebu pada bulan Mei 2020. Sebab menunggu musim panen tebu. Sehingga tidak ada bahan baku guna produksi gula kristal putih (GKP).

“Stok gula pasir dipasaran adalah stok lama yang tidak diimbangi oleh jumlah permintaan konsumen. Bahkan terkait kelangkaan gula pasir Kementerian Perdagangan (Kemendag) sudah keluarkan izin impor raw sugar menjadi gula yg diolah untuk dikonsumsi. Upaya ini demi pemenuhan stok gula,” ujarnya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy