Harga Gula Melonjak, Disperindagkop Kendari Operasi Pasar di 10 Lokasi – Kendari Pos
Metro Kendari

Harga Gula Melonjak, Disperindagkop Kendari Operasi Pasar di 10 Lokasi

KENDARIPOS.CO.ID — Kenaikan harga gula pasir di pasaran langsung direspon Pemkot Kendari. Kamis (12/3), Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Perindagkop) dan UMKM Kota Kendari menggandeng Bulog Sultra melakukan operasi pasar di Kantor Kelurahan Anggilowu, Kecamatan Mandonga. Rencananya, operasi pasar ini akan dilaksanakan di 10 titik di Kota Kendari. Kepala Seksi Perdagangan Dalam Negeri Disperindagkop dan UMKM Kota Kendari, Iskandar mengungkapkan harga gula pasir diseluruh pasar rakyat yang ada di Kendari mengalami kenaikan harga berkisar Rp 7.000 – Rp 8.000 per kg atau dari harga normalnya Rp 12.500 per kg menjadi Rp 19.500 – Rp 20.000 per kg. “Harganya naik signifikan. Oleh karena itu, kami menggandeng Bulog Sultra menggelar operasi pasar,” ujarnya.

Operasi pasar kali ini sambungnya, sengaja dilakukan di Kelurahan Anggilowu lantaran penduduknya sebagian besar dihuni masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah. “Fenomenan ini memang biasa terjadi jelang Ramadan. Tapi kami tidak ingin masyarakat merasa kekurangan karena sulit dibeli dipasar. Makanya kami segera gelar operasi pasar ini. Total semuanya ada 10 titik. Semoga dalam operasi pasar ini setidaknya bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Nanti kami juga akan gelsr sidak pasar untuk memastikan harga gula bisa stabil kembali,” ucap Iskandar.

Antusias masyarakat yang memadati lokasi operasi pasar di Kantor Kelurahan Anggilowu, Kecamaran Mandonga, Kota Kendari.

Di kesempatan yang sama, Kepala Bidang Komersil Bulog Sultra Edy Apriadi mengatakan siap menyediakan berbagai kebutuhan pokok masyarakat yang salah satunya adalah gula. “Kami sudah siapkan. Per satu kelurahan kami beri jatah 300 kg. Supaya kebagian semua, satu orang cukup dua kg saja. Harganyapun kami banderol hanya Rp 12.500,” tuturnya. Saat ditanya berapa banyak stok gula yang tersedia di Gudang Bulog Sultra, Edy enggan menyebutkan. Yang jelasnya kata dia, stok gula yang tersedia masih bisa memenuhi kebutuhan masyarakat saat Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. “Stok masih mencukupi. Saya harap masyarakat tidak resah. Kalau yang tidak kebagian dalam operasi pasar ini, masyarakat bisa datang langsung untuk membeli di Gudang Bulog,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Mandonga Nasaruddin Saud menyambut baik operasi pasar yang digelar Pemkot kali ini. Menurutnya, operasi pasar kali ini mampu meringankan bebabn warganya yang kesilitan membeli kebutuhan pokol utamanya gula dipasar. “Kami harap kegiatan ini rutin dilaksanakan pemerintah. Kalau bisa setiap bulan. Ini penting karena menyangkut kebutuhan. Apalagi sekarang harga kebutuhan serba naik. Mewakili warga Anggilowu, saya ucapkan terima kasih kepada Pemkot Kendari dan Bulog Sultra,” cetusnya. Sekedar informasi, selain gula pasir dengan harga terjangkau yang ditawarkan, Pemkot dan Bulog juga menawarkan aneka kebutuhan pokok lain seperti tepung terigu yang dibanderol hanya Rp 9.000 per kg, beras premium Rp 9.700 per kg dan bawang putih hanya Rp 40.000 per kg. (ags/magang)

10 Titik Operasi Pasar

  1. Kelurahan Anggilowu
  2. Kelurahan Bonggoeya
  3. Kelurahan Mokoau
  4. Kelurahan Kampung Salo
  5. Kelurahan Watubangga
  6. Kelurahan Wawowanggu
  7. Kelurahan Lalodati
  8. Kelurahan Tobimeita
  9. Kelurahan Benu-benua
  10. Kelurahan Rahandouna
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy