Harga Emas Tembus Rp 869.000 per Gram – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Harga Emas Tembus Rp 869.000 per Gram

Emas perhiasan yang dijajakan di Pasar Mandonga, beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Harga emas dalam beberapa waktu terakhir cenderung menguat seiring dengan munculnya berbagai sentimen ekonomi global. Pada Selasa (10/3) kemarin, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) yang diperdagangkan PT Pegadaian (Persero) ditutup pada harga Rp 869.000 per gram. Angka tersebut menguat dibanding sehari sebelumnya yang berada di level Rp 851.000 per gram.

Kepala Cabang Pegadaian Kendari, Mustamin Takwin saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, harga emas diprediksi akan terus mengalami penguatan di tahun 2020. “Selama 2020 ini, Pegadaian sudah enam kali melakukan penyesuaian harga untuk produk gadai guna mengadaptasi kenaikan harga emas. Emas memang salah satu instrumen investasi yang sangat menguntungkan,” ungkapnya, beberapa waktu lalu.

Lanjut dia, penjualan emas batangan 24 karat produk Antam dan PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) selalu disesuaikan dengan harga emas dunia di mana sejauh ini hampir selalu konsisten mengalmi kenaikan. “Sejak bulan Januari hingga Maret 2020 ini, harga emas sudah mengalami kenaikan sebanyak enam kali. Hal tersebut sesuai dengan prediksi para ekonom bahwa pada tahun ini harga emas bakal mencapai level Rp 1 juta per gramnya,” ujarnya.

Di tahun 2019, kata dia, harga emas tertinggi hanya mencapai Rp 700 ribu-an per gram. Menurutnya, keadaan tersebut dipengaruhi oleh berbagai sentimen ekonomi global, seperti virus Corona dan harga minyak dunia. Ia mengimbau masyarakat untuk berinvestasi dalam bentuk emas yang dianggap sebagai instrumen investasi paling menguntungkan. Emas merupakan komoditas langka yang penurunan harganya lebih kecil dibandingkan kenaikannya. Dalam jangka panjang, menyimpan emas bisa memberikan imbal yang menguntungkan.

“Saat ekonomi dunia diwarnai dengan ketidakstabilan, investasi di pasar modal dan pasar uang ikut tergerus. Di sisi lain, menyimpan emas justru nilainya cenderung terus meningkat,” imbuhnya.

Pantauan Kendari Pos, harga emas perhiasan di Pasar Mandonga juga mengalami kenaikan. Emas kuning ukuran 23 karat rata-rata dibanderol seharga Rp 750 ribu per gram. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dua pekan sebelumnya di mana emas 23 karat dibanderol seharga Rp 700.000 per gram.

“Harga emas sudah mulai naik, mbak. Mungkin besok ini akan berubah lagi,” ujar salah seorang pedagang di Pasar Mandonga, kemarin. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy