Hanura Usung Rusman-Bahrun di Pilkada Muna – Kendari Pos
Politik

Hanura Usung Rusman-Bahrun di Pilkada Muna

Rusman Emba

KENDARIPOS.COL.ID — Tim Penjaringan Pusat Partai Hanura resmi menunjuk petahana LM. Rusman Emba sebagai calon Bupati di Pilkada Muna 2020. LM. Rusman Emba dipasangkan dengan Bahrun Labuta di Pilkada melalui surat tugas yang diterbitkan Hanura dengan nomor 72/TPP/DPP-HANURA/III/2020.

Surat itu diteken Ketua Tim Penjaringan Pusat Partai Hanura Ferdinand Nainggolan dan Sekretaris Tellie Gozelie, 2 Maret 2020. Surat itu berisi LM. Rusman Emba, bakal calon Bupati dan Bahrun Labuta, bakal calon wakil Bupati. Surat tersebut ditembuskan kepada Ketua Umum DPP Hanura, Oesman Sapta Odang, Ketua DPD Hanura Sultra Wa Ode Nurhayati dan Ketua DPC Hanura Muna La Saemuna.

Dalam salinan surat tugas yang diperoleh Kendari Pos, Hanura memberi tiga tugas kepada LM. Rusman Emba dan Bahrun Labuta. Pertama, keduanya harus segera melakukan konsolidasi dengan pengurus DPC dan DPD Hanura Sultra. Kedua, Rusman diminta menyiapkan koalisi partai pendukung untuk melengkapi lima kursi milik Hanura sehingga cukup enam kursi dukungan minimal atau 20 persen dari jumlah kursi parlemen sebagai syarat pendaftaran di KPU Muna.

Selain itu, Hanura meminta agar Rusman segera melaporkan hasil survei terbaru kepada partai. Duet Rusman-Bahrun Labuta memiliki waktu 30 hari sejak terbitnya surat tugas untuk melaporkan progres komunikasi politiknya. Informasi keabsahan surat tersebut dibenarkan oleh pengurus DPC Hanura Muna.

Surat dengan cap stempel Tim Pilkada Pusat tersebut diakui sebagai pernyataan resmi dari partai jingga tersebut. “Iya, (suratnya) A-1. Sudah bisa dipublis,” kata Wakil Ketua DPC Hanura Muna, Irwan, Rabu, 4 Maret saat dihubungi di Jakarta.

Sementara itu, Ketua DPC Hanura Muna, La Saemua belum mau berkomentar banyak ihwal surat tugas tersebut karena belum menerima salinannya. Ia menjelaskan, memang dalam mekanisme internal partai, surat tugas tidak diteken langsung oleh Ketua Umum Oesman Sapta Odang. Surat dengan klausul penugasan di Pilkada memang hanya diteken tim penjaringan. “Kecuali rekomendasi, baru diteken oleh Keta Umum. Tetapi saya belum bisa memastikan sampai suratnya saya baca langsung,” paparnya.

Terpisah, Ketua DPD Hanura Sultra, Wa Ode Nurhayati, mengaku tidak ingin berkomentar jauh, sebab soal Pilkada Muna menjadi urusan DPC. Surat tugas, kata mantan anggota DPR RI itu, menjadi konsekuensi karena Hanura masih kurang satu kursi untuk mengusung pasangan calon. Kendati menerima surat tugas partai, posisi LM. Rusman Emba belum sepenuhnya aman. Figur lain, salah satunya Syarifuddin Udu tetap punya peluang.

Pengamat politik Sulawesi Tenggara, Najib Husain menerangkan, Bahrun Labuta yang berlatar belakang birokrat diduga menjadi posisi tawar partai kepada petahana yang selama ini digadang akan berpasangan dengan kader Demokrat, Aisyah Ditu. Kata Najib, Hanura dengan lima kursi berhak ‘mengintervensi’ pilihan Rusman terhadap calon pendampingnya. “Saya nilai ini sebagai bargaining partai,” ujarnya.

Najib mengatakan, dipilihnya Bahrun itu menjadi pertanda jika paket Rusman – Aisyah kurang kuat di Pilkada Muna. Hanura sekaligus ingin pasangan calon dibahas bersama partai koalisi. Keluarnya surat tugas itu, lanjutnya, tidak membuat kerja politik petahana menjadi lebih mudah. Ujian petahana berikutnya ialah bagaimana merayu partai besar lain seperti PDIP, Golkar dan Demokrat untuk satu gerbong bersama Hanura. “Hanura jelas akan jadi pemain utama. Nah ini tantangan bagi partai lain, mau tidak bergabung dengan posisi tidak dominan di koalisi,” terangnya.

Rusman, kata akademisi UHO itu, punya tugas tambahan menyakinkan DPD Hanura Sultra untuk all out mendukung dirinya. Sebelum surat tugas itu keluar, Rusman tidak dijagokan DPD Hanura Sultra. Gerbong Ketua DPD Hanura, justru memilih Syarifuddin Udu. “Tugas konsolidasi ini penting dilakukan. Takutnya mesin partai tidak jalan,” paparnya. (ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy