Gugatan Pengosongan Lahan Eks PGSD Mulai Disidangkan – Kendari Pos
Metro Kendari

Gugatan Pengosongan Lahan Eks PGSD Mulai Disidangkan

Landskap lahan eks PGSD di Jalan Budi Utomo-Ahmad Yani

KENDARIPOS.CO.ID — Gugatan serta merta Pemprov Sultra atas pengosongan lahan eks PGSD mulai disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Kendari. Saat ini, tahapannya baru masuk di pembacaan gugatan. Pemprov optimis gugatan tersebut dikabulkan. Apalagi putusan Mahkamah Agung (MA) telah mengakui keabsahan sertifikat nomor 18 tahun 1981 milik Pemda.

Plt Biro Hukum Setprov Sultra, I Nengah Suarya SH MH mengatakan posisi lahan eks PGSD milik Pemprov Sultra pasca ditolaknya gugatan Kikila Cs oleh MA. Hanya saja, putusan itu tidak menyertakan poin pengosongan. Atas dasar itu, Pemprov diminta mengajukan gugatan serta merta.

“Ya, hari ini (kemarin) sudah masuk sidang kedua. Agendanya masih pembacaan gugatan. Jadi, prosesnya masih panjang. Pada dasarnya, pemerintah hanya meminta amar putusan pengosongan lahan saja,” jelas I Nengah Suarya melalui sambungan teleponnya, Kamis (5/3) kemarin.

Menghadapi sidang ini, Biro Hukum telah menyiapkan saksi termasuk dari Badan Pertahanan Nasional (BPN). Upaya ini tak lain untuk menguatkan status kepemilikan lahan tersebut. Di sisi lain, pihaknya juga menyertakan dokumen-dokumen pendukung. Salah satunya putusan PN, PT dan MA atas gugatan penggugat.

“Mulai dari PN, banding hingga kasasi kita menangkan. Ini membuktikan sertifikat Pemda memiliki kekuatan hukum. Bukan itu saja, amar putusan MA juga menyebutkan alas hak berupa SKT Kepala Desa Lepo-lepo tertanggal 12 Desember yang diklaim penggugat tidak mempunyai kekuatan hukum,” jelasnya.

Normalnya, proses sidang bisa dituntaskan selama tiga bulan. Hanya saja, terkadang harus ditunda lantaran ketidakhadiran para saksi. Namun ia memastikan eksekusi pengosongan lahan akan tetap dilakukan pasca adanya putusan pengadilan. “Jadi, kita tunggu saja prosesnya. Kami yakin permohonan Pemprov bisa dikabulkan,” pungkasnya. (c/rah/mal)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy