Gubernur Sulta Minta Masyarakat Kurangi Aktifitas di Luar Rumah – Kendari Pos
Metro Kendari

Gubernur Sulta Minta Masyarakat Kurangi Aktifitas di Luar Rumah

Gubernur Sultra, Ali Mazi (empat dari kanan) bersama Kapolda Sultra, Brigjen Pol Medisyam (tiga dari kiri) saat rapat evaluasi penanganan COVID-19 kemarin. Foto: Rahma/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Gubernur Sultra, Ali Mazi terus berupaya melakukan pencegahan penyebaran virus corona atau COVID-19. Salah satunya, dengan memperketat jalur masuk di Sultra, baik melalui jalur darat, laut dan udara. Apalagi Pemprov Sultra belum dapat mengambil tindakan lockdown lantaran keputusan tersebut merupakan kewenangan pemerintah pusat.

“Tapi yang perlu diperhatikan tindakan proaktif dalam menjaring lalulintas manusia pada pintu-pintu masuk, dan memberi peringatan kepada para pendatang untuk tetap di rumah. Juga membatasi kontak fisik dengan orang lain,” ujarnya dalam rapat evaluasi penanganan COVID-19 kemarin.

Batasan kontak fisik lanjutnya, untuk menghindari penyebaran COVID-19. Terlebih, bagi orang yang memiliki riwayat perjalan ke daerah yang terpapar COVID-19, atau pernah melakukan kontak dengan pasien yang diindikasikan positif COVID-19. “Bisa jadi, orang-orang tersebut dijangkiti virus selama dalam perjalannya. Makanya kita himbau masyarakat untuk mengurangi aktifitas diluar rumah. Sebagai upaya membantu pemerintah dan petugas medis, dalam memerangi virus ini,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan kritik terhadap pemerintah kabupaten/kota di Sultra yang dinilai masih lamban dalam melakukan penanganan COVID-19. “Saya menilai penanganan kabupaten/ kota di Sultra masih lambat dan lamban. Dan itu merupakan hasil penilaian publik atau masyarakat umum. Saya berharap pemda bisa seirus dalam melakukan pencegahan dan melaporkan semua kendala-kendala apa yang terjadi di lapangan,” bebernya.

Sementara itu, Danrem 143 HO, Kolonel Inf. Yustinus Nono Yulianto mengimbau kepada kepala daerah jangan ragu meminta bantuan para TNI Ad itu. “Jangan ragu para Bupati dan Walikota, kami siap membantu kapanpun dibutuhkan. Kami punya kodim dan koramil apakah itu sosialisasi atau edukasi tentang pencegahan, disiplin dan jangan kumpul kumpul untuk pencegahan wabah corona. Selain itu saya jelaskan selain ODP dan PDP ada juga OTG (Orang Tanpa Gejala), mari kita bahu membahu dan gotong royong ingat kita bisa merdeka karena kita bersatu dan bersama,”ucapnya.

Kabinda Sultra, Brigjen TNI Aminullah berharap semakin bersama dan bersatu melawan covid 19, pasti secara bertahap Sultra akan terbebas dari virus corona. Yakin dan percaya itu. Tapi juga menghimbau bantu pemerintah baik dari kabupaten, kecamatan, desa dan kelurahan. “Jangan main-main karena dampaknya kepada perekonomian kita. Saya juga mohon kepada teman media bantu berikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat umum tentang pencegahan dan penanganan covid 19. Justru media apapun sekarang adalah garda terdepan melawan covid 19,” pungkasnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy