Gaji ASN di Konsel Telat Dibayar, Surunuddin Pastikan Bulan Ini Stabil – Kendari Pos
Konawe Selatan

Gaji ASN di Konsel Telat Dibayar, Surunuddin Pastikan Bulan Ini Stabil

Suasana RDP yang digelar DPRD Konsel dengan mengundang pihak Pemkab untuk membahas soal keterlambatan pembayaran gaji ASN di daerah itu, kemarin.


KENDARIPOS.CO.ID — Rapat dengar pendapat (RDP) antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) dengan DPRD setempat dihelat untuk memperjelas realisasi gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) bulan Februari yang terlambat dibayarkan. “Apa alasan Pemerintah Kabuapten sehingga realisasi gaji bagi ASN di Konsel bisa terlambat.
Diharapkan Kepala Badan Keuangan Daerah dapat memberi penjelasan,” tegas Wakil Ketua DPRD Konut, Armal, Selasa (3/3).

Sementara itu Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Konsel, Sahlul, menjelaskan, penyebab keterlambatan gaji para pamong daerah di Konsel karena pada tahun 2019 lalu terjadi devisit anggaran.
“Terdapat retensi tahun 2019 yang harus dituntaskan. Sehingga pada Januari harus dibayar Rp 30 miliar dan sisanya diselesaikan di bulan Februari 2020. Jadi kendalanya karena tidak berimbangnya uang masuk dan keluar. Karena hampir semua kegiatan berpusat di bulan Januari,” paparnya.

Menanggapi penjelasan itu, Ketua Komisi I DPRD Konut, Nadira, berharap agar kondisi tersebut tidak terjadi lagi pada bulan-bulan berikutnya. Sementara itu, Ketua Komisi III, Herman Pambahako, menganggap, keterlambatan pembayaran gaji itu bisa disebabkan karena tata kelola keuangan yang lemah.

“Insya Allah sebelum tanggal 10 Maret bulan ini, sudah normal kembali keuangan daerah,” jawab Sahlul atas sorotan tersebut. Dikonfirmasi terpisah, Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga menjelaskan, masalah sebenarnya ada pada dana bagi hasil (DBH) pada akhir 2019 yang tak turun sekitar Rp 38 miliar. “Sementar kita sudah anggarkan. Sehingga di bulan Januari kita harus atur. Karena ada pembiayaan KPU dan Bawaslu untuk persiapan Pilkada. Mau tidak mau harus berjalan. Sehingga sebagian dana gaji terserap,” paparnya.

Terkait tidak turunnya anggaran DBH itu lanjut Surunuddin memang dari Kementerian Keuangan dan hampir semua daerah mengalami hal sama. “Jadi bukan salah Pemkab. Lagian ini yang belum gajian tinggal sebagian kecil saja. Yang sudah diantaranya, DPRD, Setkab Konsel, Dinas Kesehatan. Jadi banyak orang salah persepsi dan menganggap ada masalah keuangan. Ini terlalu dibesar-besarkan,” tepisnya.

Meski demikian, Surunuddin memastikan keterlambatan tersebut akan segera normal pada Maret ini. “ASN mohon bersabar, tetap Pemkab akan tuntaskan. Saya sudah sampaikan juga ke Kepala BKAD agar bisa segera dinormalkan soal gaji tersebut,” janjinya. (b/Kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy