Empat PMI asal Sultra Diberangkatkan ke Malaysia – Kendari Pos
Metro Kendari

Empat PMI asal Sultra Diberangkatkan ke Malaysia

KENDARIPOS.CO.ID — Minat warga Sultra yang bekerja di luar negeri cukup tinggi. Sayangnya, masih yang menggunakan jalur tak resmi yang sangat beresiko. Padahal pemerintah telah membentuk Loka Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (LP3TKI) sebagai agen resmi pekerja yang ingin mencari nafkah ke luar negeri.

Kepala LP3TKI Kendari, M. Syachrul Afriadi (kiri) foto bersama empat PMI asal
Sultra yang akan berangkat ke Malaysia di Bandara Haluoleo, Kamis (5/3)

Kepala LP3TKI Kendari, M. Syachrul Afriadi mengatakan terbatasnya pekerjaan di wilayah Sultra menuntut masyarakatnya untuk melakukan pilihan bekerja di luar negeri. “Hari ini, (kemarin) kami berangkatkan empat PMI asal Sultra. Mereka di lepas secara langsung di Bandara Halu Oleh Kendari. Ke-empat PMI asal Sultra ini akan bekerja di perusahaan perkebunan, ” terangnya saat pemberangkatan PMI kemarin.

Ia mengingatkan warga yang ingin bekerja ke luar negeri tidak memakai jalur tak resmi. Bila terjadi masalah, pemerintah sulit membantu. Pasalnya, keberadaan mereka tidak terpantau. “Lewatlah jalur resmi, sebab dengan lewat jalur resmi semua berkas lengkap, serta terpantau oleh pemerintah. Semoga dengan pemberangkatan ini adek adek kita terbuka wawasanya, bekerja di luar negeri lewat LP3TKI,” ucapnya.

Sementara itu, Manager Pemasaran PT. Arwana Citra Lesatri, Suwarni mengatakan, untuk pemberangkatan per 2020 ini sudah dilakukan empat kali. Total yang akan berangkat sebanyak 20 orang. Dalam pemberangkatan ini, hanya empat orang. “Minggu depan, kami akan kembali memberangkatkan 14 orang lagi,” ujarnya.

Mereka yang diberangkatkan tambahnya, akan bekerja di perusahaan kelapa sawit pada ladang keresa plantations SDM BHD, Malaysia Sarawak. Dimana semua dokumen mereka lengkap, berbeda jika melalui jalur tidak resmi. “Jadi berkas mereka lengkap mulai dari surat surat jalan dari LP3TKI, KTKLN, surat keterangan PAP, BPJS ketenagakerjaan, paspor dan visa kerja. Sehingga mereka tidak akan bermasalah terkait izin,”tutupnya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy