Dua Bulan, Realisasi PKB di Sultra Capai Rp 100,33 Miliar – Kendari Pos
Metro Kendari

Dua Bulan, Realisasi PKB di Sultra Capai Rp 100,33 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Strategi Pemprov mendongkrak penerimaan pajak kendaraan bermotor (PKB) membuahkan hasil. Selama periode Januari-Februari, nilainya mencapai Rp 100,33 miliar. Capaian ini meningkat dibanding periode yang sama tahun 2019 lalu. Peningkatan ini tak lepas dari upaya jemput bola. Untuk menekan penunggak pajak, Unit Pelaksanaan Teknis Badan (UPTB) Samsat mengoperasikan layanan mobile.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sultra, Yusuf Mundu mengatakan penerapan pelayanan online memudahkan pemerintah memantau pergerakan Pendapatan Asli Daerah (PAD) khususnya PKB. Tiap hari, pihaknya mendata laporan dari 14 UPTB Samsat.

“Alhamdulillah, PKB kita perbulannya terus meningkat. Sebab untuk UPTB terus kita pantau. Jika tidak online berarti ada masalah dengan pelayanan. Sejauh ini pelayanan berjalan lancar,” ujar mantan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sultra ini kemarin.

Layanan mobil kata dia, cukup efektif mendongkrak PKB. Setiap waktu, 13 kendaraan mobile ke daerah pelosok melayani pembayaran PKB. “Upaya Ini demi pendekatan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga PAD kita juga bisa lebih optimal lagi dari sektor PKB. Motor dan mobil samsat belum digunakan saja PAD dari PKB saja sudah mulai optimal, apalagi ini sudah difungsikan nanti,”jelasnya

Di sisi lain sambungnya, layanan PKB lebih akuntabel dan transparan. Sebagai bentuk keterbukaan publik, pihaknya memasang monitor yang memantau pergerakan dana yang masuk di depan ruang tunggu. “Jadi semua sistem hingga ke kabupaten dan kota sudah transparan. Semua masyarakat dapat melihat data sistem pembayaran secara langsung, sehingga tidak ada lagi manipulasi anggaran di situ,”jelasnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy