DPRD Sultra Minta Alokasi Anggaran Dialihkan ke Penanganan Kesehatan – Kendari Pos
Metro Kendari

DPRD Sultra Minta Alokasi Anggaran Dialihkan ke Penanganan Kesehatan

Muh. Endang SA

KENDARIPOS.COL.ID — Penyebaran wabah corona kini menjadi perhatian serius Pemprov Sultra. Demi meningkatkan penanganan tersebut, DPRD Sultra pun meminta agar pemerintah menggeser sejumlah porsi anggaran guna peningkatan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan. Ratusan miliar pun dinilai wajar guna penanganan dan pencegahan peredaran dan penularan wabah corona di Sultra.

Wakil Ketua DPRD Sultra, Muh Endang mengungkapkan memperoleh informasi, sarana dan prasarana kesehatan dalam hal penanganan wabah corona belum maksimal. “Kabarnya, alat perlindungan diri (APD) di rumah sakit sudah tidak ada. Ini harus menjadi perhatian serius,” tuturnya saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Endang mengungkapkan DPRD sangat menyetujui jika ada kebijakan terkait pengalihan anggaran yang diperuntukan penanganan wabah corona. “Saya dengar cuman 3 miliar. Itu tidak cukup, jika perlu ratusan miliar sangat sepadan dengan dampak yang mengancam dari covid 19 ini,” terangnya.

Pihak pemerintah, pun mengaku telah melakukan rapat terbatas terkait pengalihan sejumlah anggaran dalam APBD Sultra 2020. “Sudah ada beberapa anggaran yang dialihkan dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD). Untuk rincinya saya lupa berapa besaran dan OPD mana saja,” ungkap Pj Sekertaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sultra, La Ode Ahmad P Bolombo, di Kendari.

Direktur Politik Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini pun mengungkapkan salah satu anggaran yang dialihkan itu berada di Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi. Pengalihan anggaran itu terkait dengan rencana pembangunan gedung isolasi baru bagi pasien terdampak corona. “Jumlahnya pun saya kurang tahu persis berapa. Tapi tidak sampe 10 miliar anggaran yang digeser untuk penanganan corona,” katanya.

Meski begitu, Ahmad mengaku jumlah tersebut fleksibel dan kemungkinan akan ditambah. “Itu semua tergantung situasi dan kondisi. Jika keadaan dianggap perlu untuk penambahan anggaran dari pergeseran tersebut itu akan dilakukan lagi. Dan tanpa restu DPRD pun sudah sesuai ketentuan yakni Permendagri nomor 20 tahun 2020 dan Peraturan Kementerian Keuangan nomor 19 tahun 2020,” pungkasnya. (b/yog)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy