DPRD Konsel Desak Perbaikan Poros Andoolo-Tinanggea – Kendari Pos
Konawe Selatan

DPRD Konsel Desak Perbaikan Poros Andoolo-Tinanggea

Mbatono Suganda

KENDARIPOS.CO.ID — Kondisi ruas jalan yang menghubungkan antara Kecamatan Andoolo menuju Tinanggea, kian memprihatinkan. Pasalnya akses lintasan, khususnya pada tiga Desa yakni Lalonggasu, Lalowatu dan Lalobao itu, penuh dengan lubang. Pengendara yang kerap melintas banyak mengalami kecelakaan. “Beberapa kali sering pengendara kecelakaan di sini. Bahkan saya sendiri saat hujan dan lubang tertutupi dengan air. Begitu melintas dan injak lubang, langsung jatuh. Harusnya ada perbaikan, karena ini dilalui terus. Sekarang tambah parah lubangnya,” keluh Zul, warga di wilayah tersebut, akhir pekan lalu.

Anggota DPRD Konsel, Mbatono Suganda, ikut angkat bicara. Persoalan jalan berlubang itu memang sangat meresahkan pengendara, termasuk warga desa setempat. Iapun mendesak pemerintah baik Pemprov maupun Pemkab memberikan perhatian khusus untuk membenahinya. “Saya sebagai masyarakat Tinanggea sangat prihatin dengan kondisi jalan ini. Harusnya ada perhatian serius karena kawasan perlintasan. Baik lintas Kecamatan Andoolo-Tinanggea, termasuk Kabupaten Konsel dan Bombana,” sorotnya, kemarin.

Politikus Partai Demokrat ini menilai, seharusnya Pemerintah Provinsi segera bertindak. Karena jalan tersebut adalah tanggung jawabnya. Apalagi jalan tersebut masih dekat dengan pusat Pemerintahan Kabupaten Konsel di Kecamatan Andoolo. “Namun sampai saat ini sama sekali tidak tersentuh. Saya sebagai wakil rakyat mengharapkan ada perhatian khusus dari pihak terkait supaya dikondisikan. Kalau seingat saya, sudah 10 tahun lebih tidak pernah dibenahi lagi dan kondisinya makin parah,” sambungnya.

Meskipun status jalan Provinsi, namun Pemkab Konsel juga dimintanya tidak menutup mata. Pasalnya, Kecamatan Tinanggea menjadi wilayah di kabupaten itu yang memiliki penduduk terbesar dan berjarak dekat dari ibu kota kabupaten. “Kita berharap Pemkab Konsel khususnya Bupati, kiranya bisa membantu proses rehabilitasi jalan ini. Apalagi sering ada banjir di Desa Lalonggasu dan Lalobao. Salah satu pemicunya adalah infrastruktur jalan yang tidak memadai,” sambung Anggota Komisi I DPRD Konsel tersebut. Ia memprediksi, anggaran perbaikan jalan dari Andoolo-Tinanggea itu bisa mencapai Rp 17 miliar.

Menanggapi hal itu, Wakil Bupati Konsel Arsalim Arifin mengaku, pihaknya telah mengusulkan ke Pemprov agar jalan ruas jalan Andoolo-Tinanggea bisa masuk program prioritas di tahun 2020. “Memang jalan ini perlu ada perhatian khusus. Meskipun ini wewenang Provinsi, Pemkab Konsel akan mengusulkan dalam RKPD melalui dinas terkait agar bisa ada perbaikan, minimal rehabilitasi,” ungkapnya terpisah. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy