DPD PDI Sultra Condong ke Rusman di Pilkada Muna – Kendari Pos
Politik

DPD PDI Sultra Condong ke Rusman di Pilkada Muna

Bakal calon bupati Muna Rusman Emba melakukan pendaftaran di PDIP untuk berlaga di Pilkada Muna.

KENDARIPOS.CO.ID — Internal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) silang pendapat di Pilkada Muna. Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Muna menyuarakan penolakan terhadap kadernya, LM. Rusman Emba untuk diusung berlaga di hajatan demokrasi.

Lembaga yang dipimpin La Ode Frebi Rifai menyurati DPP agar petahana tersebut tidak lagi diberi rekomendasi. Namun arah dukungan Ketua DPD PDIP Sultra, Abu Hasan tetap condong ke Rusman. Pertimbangannya, kata Abu Hasan, Rusman ialah kader dengan jabatan strategis yakni sebagai Ketua Bappilu PDIP Sultra. Apalagi, beberapa survei juga menjagokan petahana itu. “Saya memahami suara di DPC. Nanti akan dipresentasikan di DPP untuk diambil keputusan,” terang bupati Buton Utara (Butur) ini.

Nasib Rusman akan ditentukan oleh DPP PDIP berserta bakal calon lain yakni Syarifuddin Udu, LM. Rajiun Tumada dan Abdul Asis yang telah mendaftar. Kepada siapa partai berlambang Banteng akan berlabuh di Pilkada Muna akan ditentukan pertengahan Maret mendatang.

Bakal Calon Bupati Muna LM Rusman Emba mengaku tak peduli soal surat rekomendasi penolakan yang dilayangkan DPC PDIP Muna ke DPP. Menurunya, surat yang telah dilayangkan tersebut tidak akan mempengaruhi langkahnya untuk bertarung di Pilkada.

“Meskipun mereka tidak merekom (cekal), saya tetap PDI-P. Jiwa dan raga saya adalah PDI-P. Intinya nanti DPP yang putuskan. Saya sudah dijaring, sudah ikut semua prosesnya. Kerja-kerja partai juga saya sudah laksanakan seperti mengabdikan diri kepada masyarakat dengan melayani rakyat di Muna,” tuturnya.

Pengamat Politik dari Universitas Halu Oleo, Dr. Najib Husain sangat sepakat dengan keputusan Rusman untuk tidak memusingkan sikap DPC. Apalagi keputusan perihal siapa yang akan diusung adalah kewenangan tingkat pusat, bukan daerah.

“Itu hanya dinamika. Menurut saya Ridwan tidak perlu meresponnya. Sama ketika di Hanura ketika surat usungannya ternyata diberikan kepadanya,” kata Najib.

Sebelumnya, suara penolakan terhadap Rusman dituangkan melalui surat pengurus DPC PDIP bernomor 105/IN/DPC-74/II/2020 tentang dukungan bakal calon Bupati. Surat diteken oleh Ketua DPC La Ode Frebi Rifai dan Sekretaris Ishak Salim pada 6 Februari 2020. Dalam surat itu, disebutkan sikap penolakan terhadap LM. Rusman Emba diputuskan melalui rapat internal DPC pada 2 Februari. Surat itu sebenarnya bersifat rahasia namun bocor ke publik.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy