Dorong Penyelenggaraan Kearsipan, ANRI Helat Workshop SIKN – Kendari Pos
Edukasi

Dorong Penyelenggaraan Kearsipan, ANRI Helat Workshop SIKN

layRektor
UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, MSi., MSc. (kiri), saat menerima kunjungan Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan (IPK) ANRI, Drs. Imam Gunarto, M.Hum., kemarin (4/3).

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagai tindak lanjut dari amanat Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, Pusat Sistem dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (SJIKN) pada Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan (IPK), Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan Sistem Informasi Kearsipan Nasional dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (SIKN dan JIKN). SIKN dan JIKN merupakan sistem dan jaringan informasi kearsipan yang memungkinkan masyarakat mengakses informasi kearsipan terbuka yang dikelola oleh semua lembaga publik pusat maupun daerah di seluruh Indonesia melalui Internet (jikn.go.id).

Penyelenggaraan SIKN dan JIKN merupakan wujud dari komitmen keterbukaan (open government) dan layanan pemerintahan berbasis elektronik (e-government) yang memungkinkan layanan akses informasi kearsipan kepada masyarakat disediakan dengan cara yang cepat, mudah, dan murah. Selain itu, penyelenggaraan SIKN dan JIKN merupakan wujud upaya peningkatan pembangunan dan pelestarian kebudayaan melalui pembentukan serta penghimpunan memori kolektif untuk memperkuat karakter dan memperteguh jati diri bangsa, yang akan mengokohkan kita sebagai satu bangsa dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia.

Sebagai administrator Pusat Jaringan Nasional sekaligus pembina Jaringan Informasi Kearsipan Nasional, salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Pusat SJIKN adalah menyelenggarakan Workshop SIKN dan JIKN. Workshop dilaksanakan dalam rangka memberi pengenalan teknis kepada para staf pelaksana di organisasi kearsipan (unit kearsipan dan lembaga kearsipan) yang akan menjadi simpul jaringan. Workshop SIKN dan JIKN di Kota Kendari yang diselenggarakan pada tanggal 4 s.d 5 Maret 2020 di Hotel Claro, Kendari merupakan bagian dari Workshop SIKN dan JIKN tahun 2020 di sejumlah provinsi di Indonesia.

Workshop yang dihadiri oleh 30 peserta yang berasal dari lembaga kearsipan provinsi, kabupaten/kota, dan perguruan tinggi negeri di lingkungan Provinsi Sulawesi Tenggara dibuka secara resmi oleh Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan (IPK) ANRI Drs. Imam Gunarto, M.Hum., yang didampingi oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Kendari Drs. H. Halili, dan Kepala Pusat Sistem dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional Dra. Desi Pratiwi, MIM.

“Diharapkan melalui workshop ini, para peserta akan mendapat pengetahuan mengenai kebijakan penyelenggaraan SIKN dan JIKN serta keterampilan teknis terkait penggunaan perangkat lunak sistem informasi yang akan digunakan oleh masing-masing instansi peserta dalam
melaksanakan perannya sebagai simpul jaringan,” ungkap Imam Gunarto.

Dalam rangkaian Workshop SIKN dan JIKN, Deputi Bidang IPK didampingi Kepala Pusat SJIKN berkesempatan melakukan audiensi Rektor Universitas Halu Oleo (UHO), Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, MSi., M.Sc., guna mendorong penyelenggaraan kearsipan di perguruan tinggi negeri yang juga merupakan bagian dari amanat Undang-Undang Nomor 43 tentang Kearsipan. Selain itu, Deputi Bidang IPK juga menyambangi Plh Sekprov Sultra yang diwakili Asisten III Sekprov, Zanuriah dalam rangka mendorong peningkatan apresiasi penyelenggaraan kearsipan di pemerintahan daerah. (rls)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy