Dongkrak Partisipasi Sensus Penduduk, BPS Gandeng UHO – Kendari Pos
Metro Kendari

Dongkrak Partisipasi Sensus Penduduk, BPS Gandeng UHO

KENDARIPOS.CO.ID — Guna menyukseskan pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) online, Badan Pusat Statistik (BPS) Sultra gencar melakukan sosialisasi. Kali ini, BPS menggandeng Universitas Halu Oleo (UHO). Melalui rapat koordinasi kampus (Rakorpus) SP 2020, BPS tidak hanya mengenalkan SP, namun turut mengajak civitas UHO dan mahasiswa mendata diri dan ikut mengedukasi masyarakat.

Kepala BPS Sultra, Muhammad Edy Mahmud, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menjalin koordinasi dan kerjasama dengan perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pelaksanaan SP 2020 secara online. “Rakopus kali ini sebagai ajang pengukuhan pencanangan aksi sahabat sensus dan meningkatkan respon rate sensus online. Di sini mahasiswa kami jadikan pionir dalam percepatan ke masyarakat,” kata Edy saat Rakorpus SP 2020 di Azizah Syariah Hotel and Convention Kendari.

Ia berharap pengukuhan sahabat sensus ini, dapat membantu terselenggaranya sensus secara online. Dengan mencapai target yang telah di tentukan sejak awal. Sehingga, sensus online ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara menyeluruh. “Sahabat sensus kami fokuskan kemahasiswa karena mereka ini dekat dengan gadget, sehingga bisa memudahkan mereka untuk mensosialisasikan maupun mempraktekkan kepada masyarakat,” kata Edy.

Kepala BPS Sultra, Muhammad Edy Mahmud (empat dari kanan, depan kursi tengah) Rektor UHO, Prof Dr Muhammad Zamrud (lima dari kanan, depan kursi tengah) foto bersama saat pengukuhan sahabat sensus di Azizah Syariah Hotel and Convention Kendari.

Rektor UHO, Prof Muhammad Zamrun mengajak semua stakeholder berpartisipasi menyukseskan SP 2020. Pasalnya, hasil SP ini akan menjadi rujukan dalam penentuan kebijakan. Untuk itulah, mahasiswa, dosen, pemerintah dan masyarakat umum harus bahu-membahu menyukseskan SP 2020. “SP dilakukan sekali dalam 10 tahun, jadi perlu dikerja bersama-sama. Makanya, kami mencoba bersinergis antara BPS dan Kampus UHO untuk terus berupaya mencatat penduduk melalui online,” ungkapnya.

Prof Zamrud berharap keterlibatan sahabat sensus UHO mampu mendongkrak partisipasi masyarakat. Apalagi sahabat sensus telah dilatih memilih sampel dalam hal melakukan pendataan. Sebab mereka adalah mahasiswa D3 Statistik dan S1 Statistik. “Kita optimis SP2020 pasti sukses, sahabat sensus UHO juga saat ini sudah jalan melakukan sensus online,” ungkapnya. (b/m1/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy