Distan Konsel Target Tanami 33.900 Hektare Sawah – Kendari Pos
Konawe Selatan

Distan Konsel Target Tanami 33.900 Hektare Sawah

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) melalui Dinas Pertanian setempat terus mendorong peningkatan produksi tanaman padi sawah di wilayahnya. Tahun 2020 ini, Distan Konsel menargetkan penanaman padi sawah seluas 33.900 hektare. Kepala Distan Konsel, Hidayatullah, mengungkapkan, luasan 33.900 hektare itu untuk dua kali masa tanam dalam setahun.

“Itu target kita, khusus tanaman padi. Olehnya itu kita terus dorong para petani melalui Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) untuk terus manfaatkan lahan tidur,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (18/3). Mantan Kepala DPM-PTSP Konsel ini menjelaskan, untuk posisi tanam padi terhitung bulan Oktober 2019 hingga Maret 2020, Konsel sudah mencapai 16.347 hektare.

“Untuk bulan Maret hingga September, kita akan upayakan bisa tercapai dan melebihi target nasional,” jelasnya. Untuk mewujudkan itu, Hidayatullah mengaku, terus melakukan penyuluhan serta pembinaan beberapa petani padi sawah yang ada di Konsel. Dikesempatan itu, Hidayatullah menyinggung soal merebaknya Covid-19 yang dimungkinkan akan mempengaruhi ketersediaan stok pangan.

Menjawab hal itu, dia menegaskan, Kabupaten Konsel memiliki cadangan pangan yang cukup dalam menghadapi dampak virus ganas itu.
“Sampai saat ini, diperkirakan cadangan pangan kita mencapai 9.680 ton beras. Itu hasil konversi dari gabah kering giling. Kita pastikan aman sampai bulan Mei atau masuk lebaran,” klaimnya.

Ia telah menyampaikan kepada masyarakat dan para petani agar tidak terlalu panik, khususnya untuk ketersediaan pangan. Hidayatullah berharap seluruh kelompok petani Konsel agar terus menanam komoditas pangan, termasuk rempah-rempah. “Jadi selain padi, petani kita intens menanam yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan ketahanan keluarga. Seperti jahe serta jenis tumbuhan obat lainnya,” tandasnya. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy