Dinkes Sultra : Jangan Panik, Belum Ada Pasien Corona di Sultra – Kendari Pos
Metro Kendari

Dinkes Sultra : Jangan Panik, Belum Ada Pasien Corona di Sultra

KENDARIPOS.CO.ID — Pasca teridentifikasinya pasien Corona pertama, sejumlah daerah mulai meningkatkan kewaspadaan. Di Sultra, fasilitas kesehatan dan Rumah Sakit (RS) mulai siaga. RSUD Bahteramas telah ditunjuk sebagai RS rujukan pasien yang diduga terpapar virus Covid-19. Apalagi dua warga Sultra yang baru pulang menunaikan ibadah umroh mengalami gejala yang mirip dengan penyakit Corona.

Kepala Seksi Surveilance, Epid dan Imunisasi, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sultra, Kartina Razak meminta masyarakat tak perlu panik. Hingga kini, pasien Corona di Sultra belum ditemukan. Hanya saja, warga tetap perlu hati-hati. Untuk terhindar dari virus ini, masyarakat harus menjaga pola hidup bersih.

“Upaya penanganan virus Corona telah dimulai. Jadi, masyarakat jangan panik dan terpancing. Lebih baik, jaga pola hidup bersih, rutin mencuci tangan dan jauhi orang yang terpapar flu atau demam,” ujar Kartina saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (4/3). Diakuinya, ada dua pasien yang dirawat di ruang isolasi RS Bahtermas. Namun pasien tersebut masih status suspect Corona (dugaan red). Hingga kini, hasil diagnosanya belum ada. Namun ia mengakui pasien tersebut memiliki gejala kemiripan dengan Corona seperti flu dan demam tinggi.

“Hasil diagnosa dokter kesehatan, keduanya diduga mengidap Mers-Cov. Tapi untuk kepastiannya hasil diagnosanya, kita sudah mengirim hasil sempel darah, usapan tenggorok atau lendir dari tenggorokan dan darah ke Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes),” ujarnya. Kemungkinan sambungnya, hasilnya baru akan diperoleh dua atau tiga hari ini. Untuk itulah, meminta warga tak perlu terpancing isu-isu yang menyesatkan. Apalagi telah menyimpulkan pasien tersebut positif Corona.

“Saya minta warga untuk tidak menanggapi yang berlebihan. Kita tunggu saja hasil pemeriksaannya,” tandasnya. Sebelumnya, dua orang warga Sultra menjalani isolasi di RSUD Bahteramas, sejak Minggu 1 Maret 2020. Kedua warga Sultra itu, diduga terpapar Covid-19 atau virus Corona usai pulang dari Umrah sebelas hari yang lalu. Keduanya, mengeluhkan kondisi seperti pasien perjalanan Korea yang lalu. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy