Dikbud Sultra Gagas Pendidikan Luar Sekolah – Kendari Pos
Metro Kendari

Dikbud Sultra Gagas Pendidikan Luar Sekolah

Asrun Lio

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra berencana untuk menghidupkan pendidikan luar sekolah. Program tersebut menjadi program strategis nasional, untuk mengurangi angka putus sekolah yang masih cukup tinggi, termasuk di Sultra.

Kepala Dikbud Sultra, Asrun Lio mengungkapkan konsep program tersebut saat ini tengah dibahas oleh pihaknya kemudian nantinya akan diaplikasikan. “Program ini menjadi strategis nasional oleh Kementerian Pendidikan. Saat ini programnya tengah disusun. Untuk teknisnya belum bisa dipastikan,” tuturnya saat dihubungi melalui sambungan teleponnya, kemarin.

Program ini lanjut Asrun, sebelumnya pernah diterapkan. Hanya saja, tidak dilanjutkan lagi. Namun untuk mengurangi angka putus sekolah, program ini akan diterapkan. Untuk itu, penyelenggaraan pendidikan pun nantinya tidak dilakukan secara formal saja, namun informal juga akan dilakukan,” ungkapnya.

Penyelenggaraan pendidikan secara informal itu dijelaskan nantinya anak-anak usia sekolah yang putus sekolah baik karena minat atau persoalan kemampuan keuangan bisa dialihkan untuk mengikuti pendidikan secara informal. “Contohnya seperti mengikuti kursus atau pendidikan kejuruan langsung diluar pendidikan formal di sekolah,” jelasnya.

Untuk diketahui, program tersebut bermula saat Kementerian Pendidikan mencetuskan program Organisasi Penggerak. Melalui program ini, Kemendikbud mengajak seluruh organisasi kemasyarakatan (ormas) bidang pendidikan bergerak bersama secara nyata memajukan pendidikan di Indonesia. (b/yog)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy