Dikbud Kolut Genjot Kompetensi Kepsek dan Guru – Kendari Pos
Edukasi

Dikbud Kolut Genjot Kompetensi Kepsek dan Guru

Tampak sejumlah guru usai mengikuti upacara PGRI di Kolut, beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbut) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) rutinkan pelatihan dan evaluasi bagi para kepala sekolah (Kepsek) dan guru di wilayahnya guna mendorong peningkatan kompetensi sesuai tanggung jawabnya masing-masing. Mengingat, kualitas sekolah sangat ditentukan dengan kompetensi Kepsek dan gurunya.

Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar (PPD) Dikbud Kolut, Ismail mengatakan setiap tahun ada pelatihan yang menyasar para Kepsek dan guru dalam hal peningkatan kompetensi. Keduanya merupakan komponen kunci termasuk komite di lembaga pendidikan itu sendiri. “Contoh Kepsek, harus paham menejerial. Bagainana sekolahnya bisa maju kalau tidak paham kan,” ujarnya, Jumat (13/3).

Hasil evaluasi Dikbud Kolut, bahwa secara umum guru dan Kepsek perlu meningkatkan kompetensi, kewirausahaan, manajerial, termasuk didalamnya pengelolaan keuangan sekolah. “Soal pengelolaan keuangan itu yang saat ini masih sering terlambat sehingga harus sering dilatih. Karena banyak yang bukan dari bidangnya,” tuturnya.

Begitu juga dari sisi tenaga pengajar, persoalan penyusunan kurikulum hingga pembuatan proposal terkadang masih perlu ditingkatkan. Pihaknya sering menjumpai proposal yang terkesan seragam yang padahal setiap sekolah memiliki profil yang berbeda-beda. “Tentu ini karena faktor minim kreativitas,” imbuhnya.

Adapun soal komite yang terkadang ada miss komunikasi, pihak Dikbud Kolut menegaskan tidak boleh ada pungutan dari siswa atau orang tua terkecuali itu sifatnya sumbangan ke sekolah dalam artian tidak melanggar ketentuan atau biasa disebut pungutan liar (pungli). Hal itu harus dikelola komite dan dilarang keras guru ikut terlibat di dalam wadah itu. “Kalau ada yang terlibat diluar komite pasti kami yang akan menegur. Komite tidak melulu soal uang dan dilarang keras sekolah melakukan pungutan apalagi memaksakan ke orang tua atau siswa,” tukas Ismal. (rus/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy