Di Kolut, Baru Satu Pasar Berstatus PTU – Kendari Pos
Kolaka Utara

Di Kolut, Baru Satu Pasar Berstatus PTU

Dari 29 sentra perdagangan di Kolaka Utara, ternyata baru satu yang berstatus tertib ukur, yakni Pasar Lawolatu. Tampak aktivitas pedagang pada sebuah pasar di ibu kota kabupaten.

KENDARIPOS.CO.ID — Status pasar tertib ukur (PTU) bertujuan untuk memberikan perlindungan bagi konsumen dan meningkatkan kepercayaan pada para pelaku usaha. Label itu baru dikantongi Pasar Lawolatu dari 29 Sentra Perkulakan yang ada di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut). Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kolut, Risal Natsir melalui Sekertaris Dinas, Nusbah Nuhung, menjelaskan, program tersebut merupakan petunjuk dari Kementerian agar setiap tahun ada pengajuan PTU yang bisa direkomendasikan ke pusat. Tahun ini pihaknya kembali mengusulkan Pasar Lambai untuk status tersebut.

“Lebih banyak sebenarnya bagus. Hanya saja karena ini juga tergantung kesediaan anggaran hingga kami baru satu usulan tiap tahun,” jelas Nusbah Nuhung, Selasa (3/3). Pada dasarnya Dinas Perdagangan menargetkan semua pasar di Kolut bisa menyandang predikat PTU. Setelah semua terpenuhi maka statusnya akan naik tingkat menjadi daerah tertib ukur (DTU). Meski begitu bukan berarti pengawasan dan operasi tera di lapangan tak dilakukan.

Pekan ini pihaknya kembali terjun ke lapangan melakukan tera timbangan pedagang pada 29 pasar yang ada. Pengawasan itu juga dilakukan ke beberapa perusahaan di Bumi Patowonua itu seperti milik PT Sampoerna juga PT Olam. “Di pasar rutin dilakukan dan berkelanjutan. Kalau sudah sering diperingatkan masih memainkan literan atau timbangan, maka alatnya akan disita. Jelang bulan Ramadan mendatang kami akan awali menyisir semua pasar se-Kolut termasuk razia barang kadaluarsa,” tandas Nusbah Nuhung. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy