Dermaga Wabula Buton Didesain Ulang – Kendari Pos
Buton

Dermaga Wabula Buton Didesain Ulang

La Bakry


KENDARIPOS.CO.ID — Tahun 2013 lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton mendapat kucuran dana alokasi khusus (DAK) melalui Kementerian Perhubungan untuk membangun Dermaga Wabula. Sayangnya mega proyek bernilai miliaran rupiah itu tak tuntas. Hingga kini tidak jelas siapa yang harus bertanggung jawab dan bagaimana penyelesaiannya.

Soal itu Bupati Buton, La Bakry mengaku anggaran DAK yang diporsikan untuk pembangunan dermaga itu menjadi domain pusat. Diakuinya jika pembangunannya memang tak selesai. Ia pun sudah berinisiatif untuk melanjutkan proyek itu. Makanya saat ini, bupati sudah menyiapkan perencanaan baru untuk mendesain dermaga tersebut.

“Soal dermaga itu kan proyek Pemerintah Pusat dulu, tapi tidak selesai. Karena dipertengahan jalan itu ada ahli lingkungan mengingatkan kalau itu bisa merusak. Ada terumbu karang yang terancam di sana kalau proyek itu dilanjutkan,” kata La Bakry, kemarin. Jika harus dilanjutkan maka desainnya harus diubah. Dengan tetap mempertimbangan kebutuhan masyarakat akan dermaga tetapi tidak merusak lingkungan.

“Mappingnya sementara kita siapkan, kalau sudah jadi akan kita presentasikan di dewan. Kita juga akan minta bantuan lagi ke kementerian, siapa tahu ada jalan,” tambahnya. Diakui Buton-1 itu, keberadaan Dermaga Wabula penting adanya. Sebab, warga Buton banyak yang bepergian ke pulau-pulau tetangga seperti Wakatobi. “Kalau sekarang ini saat air laut surut, kapalnya tidak bisa sandar, makanya harus kita desain ulang dermaganya. Mudah-mudahan bisa tahun ini mappingnya,” lanjut dia.

Salah satu warga Wabula, Risman memang mengeluhkan mandegnya pembangunan dermaga. Sebab, reklamasi saat ini menjadikan pesisir penuh dengan sampah. “Karena tidak ada arus, jadi sampah menumpuk entah dari mana. Apalagi ini uang negera, kasihan kalau dibangun baru tidak tuntas,” pendapatnya. (c/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy