Dermaga Feri Tomia dan Binongko Dipastikan Tuntas Tahun Ini – Kendari Pos
Wakatobi

Dermaga Feri Tomia dan Binongko Dipastikan Tuntas Tahun Ini

Hariadin


KENDARIPOS.CO.ID — Tahun 2020 ini, pembanguan dermaga penyeberangan Feri Kaledupa di Kabupaten Wakatobi dipastikan tuntas. Sementara itu, proyek serupa di Pulau Tomia dan Binongko memasuki tahap kedua. Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Darat menyalurkan anggaran pembangunan Dermaga Penyeberangan Feri Tomia dan Binongko sebesar Rp 92 miliar.

Saat ini, pihak kementerian tengah melakukan lelang untuk proyek yang ditargetkan tuntas pada tahun 2021 tersebut. Masing-masing pembangunan dermaga di dua pulau tersebut mendapatkan anggaran sebesar Rp 46 miliar. Jika pembangunan tersebut berjalan lancar dan sesuai target Kemenhub, maka operasionalnya dipastikan dilakukan pada tahun 2022.

Kepala Dinas Perhubungan Wakatobi, Hariadin, menjelaskan, pembangunan dermaga penyeberangan Feri Kaledupa sudah memasuki tahap akhir karena mulai dibangun tahun 2018 lalu. Sementara Dermaga Feri Tomia dan Binongko, belakangan. “Jadi, kalau di Kaledupa tuntas tahun ini, operasionalnya tahun depan. Nah untuk di Tomia dan Binongko tahun ini memasuki tahap kedua. Direncanakan tuntas dikerjakan tahun depan, sehingga tahun 2022 bisa beroperasi,” papar Hariadin, kemarin.

Selain dukungan dari Pemerintah Pusat, pembangunan dermaga feri untuk tiga pulau besar di Wakatobi juga mendapat respon positif dari kalangan masyarakat. Dengan masuknya armada feri pada pulau-pulau besar di Wakatobi maka akses antarpulau semakin dekat dan mudah dijangkau. “Kita berharap dan berupaya semoga pembangunan ketiga pelabuhan ini berjalan lancar dan tak ada aral melintang sehingga diselesaikan sesuai perencanaan. Agar kita semua bisa menikmati fasilitas ini dengan baik,” harapnya. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy