Demokrat Bantah SBY dan Airlangga Bahas Koalisi – Kendari Pos
Nasional

Demokrat Bantah SBY dan Airlangga Bahas Koalisi

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

KENDARIPOS.CO.ID — Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto menemui Ketum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), di kediamannya di Cikeas, Bogor, Jawa Barat (Jabar), Kamis (5/3) malam.

Wakil Ketum Partai Demokrat Syarief Hasan menyatakan bahwa pertemuan itu merupakan silaturahmi antara Partai Golkar dan SBY. Syarief membantah pertemuan membahas koalisi. “Kami tidak bicarakan itu,” ujar Syarief Hasan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (6/3).

Syarief memastikan sampai saat ini Partai Demokrat tetap berada di luar pemerintah. “Kami hanya bicara masalah bagaimana bisa bekerja sama membangun bangsa ini dengan posisi berbeda. Golkar di dalam, kami di luar. Untuk kepentingan rakyat kami dukung,” katanya.

“Malam tadi itu pertemuan silaturahmi PD yang dipimpin Pak SBY, dan menghadirkan semua jajarannya. Kemudian Partai Golkar dengan semua jajarannya lengkap sekali. Pertama intinya silaturahmi,” ungkapnya.

Menurut Syarief, selama ini Demokrat dan Golkar sudah sering bekerja sama membangun bangsa dan negara khususnya pada saat dua periode SBY menjadi presiden (2004-2009 dan 2009-2014). “Jadi, kami harapkan kerja sama itu bisa ditingkatkan ke depan untuk kepentingan bangsa,” lanjut Syarief.

Wakil Ketua MPR itu mengatakan, meskipun saat ini Golkar berada di
dalam pemerintahan dan Demokrat di luar koalisi pemerintah, bukan berarti kerja sama tidak bisa dilanjutkan. “Kerja sama itu bisa dilanjutkan dalam bentuk komunikasi. Apa yang terbaik itu dilanjutkan,” ujarnya.

Menurut dia, semua kebijakan pemerintah itu bisa dikomunikasikan dengan Fraksi Demokrat di parlemen. Salah satu contohnya, kata Syarief, Omnibus Law Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja. Menurut Syarief, Omnibus Law RUU Cipta Kerja penuh dengan pandangan berbeda dari masyarakat. Namun, kata dia, perbedaan pandangan itu bisa dikomunikasikan.

“Saya pikir ini Partai Golkar siap juga akan mengomunikasikan dengan Fraksi Partai Demokrat di parlemen poin apa saja yang secara eksplisit dicantumkan dalam omnibus law,” ungkapnya.

Dia mengatakan, Golkar juga akan berkomunikasi dengan Fraksi Demokrat, supaya bisa benar-benar memahami secara utuh.
“Sekarang ini kan hanya banyak mendengar dari media, rumor, dan sebagainya, banyak penolakan. Ini harus harus ada penjelasan resmi dan komprehensif kepada Fraksi Partai Demokrat,” ungkap Syarief.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada Kamis (5/3) malam. Pertemuan dilakukan dalam rangka pembahasan Rancangan Undang-undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja. “Kita membahas dukungan dan masukan terkait UU Cipta Kerja,” ungkap Airlangga yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian di kantornya, Jakarta, Jumat (6/3).

Ia pun mengungkapkan bahwa pada dasarnya pertemuan itu murni untuk membahas RUU yang menjadi polemik tersebut. Namun, Airlangga enggan untuk menyebutkan detilnya. “Pak SBY prinsipnya setuju untuk melanjutkan pembahasan, kemudian kalau ada masukan-masukan nanti disampaikan. Tidak membahas teknis,” kata dia.

Dirinya pun membantah pertemuan antar kedua petinggi partai ini terkait pencalonan presiden pada 2024 mendatang. Menurutnya, untuk memikirkan siapa yang akan diusung menjadi presiden masih begitu lama. “Ini masih tahun berapa? Tahun 2020, jauh amat,” terang dia.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan menyebut pertemuan itu adalah ‘diplomasi batik kuning biru’. Sebab, kedua ketua umum mengenakan batik berwarna kuning dan biru.

Dalam pertemuan itu dibahas juga mengenai Pilkada di 2020. SBY membuka ruang untuk kerja sama dengan partai berlogo beringin tersebut. Sehingga bisa bersama-sama mengusung kepala daerah di tahun ini. “Untuk Pilkada, mari kita bicarakan bersama. Silakan dari Golkar ketemu dengan Demokrat dan bicara,” ujar Hinca seperti menirukan SBY. (boy/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy