DD 11 Kabupaten di Sultra Cair, Empat Daerah Mandek – Kendari Pos
Metro Kendari

DD 11 Kabupaten di Sultra Cair, Empat Daerah Mandek

KENDARIPOS.CO.ID — Dana Desa (DD) tahap 1 sudah memasuki tahap pencairan. Sebanyak 11 kabupaten telah menerima suntikan dana pusat tersebut. Tersisa empat daerah mengalami kendala. Masalah kelengkapan administrasi menjadi penyebabnya. PPK Satker Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD), Muhammad Sofyan mengatakan, alasan terhambatnya penggelontoran Dana Desa di empat kabupaten karena persyaratan administrasi belum lengkap. Empat kabupaten itu adalah Buton, Konawe, Muna, dan Konawe Selatan.

“Ada perbedaan proses pencairan dengan tahun sebelumnya. Kalau dulu harus serentak. Artinya pencairan tak bisa dilakukan kalau belum lengkap berkas semua kabupaten. Tapi sekarang beda, kabupaten yang sudah lengkap berkasnya langsung dicairkan,” ungkap Sofyan, kemarin.

Tahun ini, lanjut dia, Pemprov Sultra mendapat jatah anggaran sebanyak Rp 1, 65 triliun. Itu disalurkan untuk 1.911 desa. Skema pencairannya tahap 1 sebanyak 40 persen, tahap 2 sebanyak 40 persen dan tahap 3 sebanyak 20 persen. “Tahap pertama dana yang sudah disalurkan saat ini sebanyak Rp. 121,09 miliar. Jumlah penerima sebanyak 336 desa. Target kami dalam waktu dekat ini sudah selesai tersalurkan di semua kabupaten,” jelasnya.

Sofyan juga megimbau kepada desa yang menerima DD agar segera membentuk Desa Tanggap Covid-19 sebagai upaya preventif.

“Anggaran DD bisa digunakan untuk urus korona melalui Skema Padat Karya Tunai Desa dan Perubahan APBdes. Hal ini sebagaimana Surat Edaran Menteri Desa PDTT RI No.8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid -19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa,” imbuhnya. (b/m6)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy