DBD di Kendari Mengkhawatirkan : Ratusan Kasus, 4 Meninggal Dunia – Kendari Pos
Metro Kendari

DBD di Kendari Mengkhawatirkan : Ratusan Kasus, 4 Meninggal Dunia

KENDARIPOS.CO.ID — Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kendari terus bertambah. Hingga bulan Maret, jumlahnya mencapai ratusan kasus. Dari jumlah itu, empat pasien meninggal dunia. Untuk mencegah penyebaran penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes Aygepti, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari pun kini rutin melakukan fogging atau pengasapan.

Kepala Dinkes Kota Kendari, drg. Rahminingrum mengatakan fogging di wilayah pemukiman rutin dilakukan. Hingga kini, sudah 59 titik telah dilakukan pengasapan. Titik fogging terbanyak berada di wilayah Lepo-lepo, Watubangga, Baruga, Andonohu, Puwatu dan Sodohoa. “Hampir seluruh kelurahan di Kota Kendari sudah endemis DBD. Untuk itulah, kami rutin melakukan fogging di semua kelurahan,” ujarnya.

Petugas Dinkes Kota Kendari melakukan fogging di BTN Safira Indah
Kelurahan Rahandouna Kecamatan Poasia.

Namun ia tetap meminta warga menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Pasalnya, fogging hanya membunuh nyamuk dewasa sedangkan jentiknya akan terus berkembang. Pencegahan yang paling efektif dan efisien adalah dengan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), dengan cara 3M Plus. “Menguras tempat yang menjadi penampungan air, misalnya bak mandi, penampungan air minum dan ember air. Menutup secara rapat tempat-tempat penampungan air tersebut agar tidak menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti. PHBS haruslah dijadikan karakter dalam diri kita, jika diri kita bersih, lingkungan bersih,” jelasnya.

Fogging kata dia, tidak bisa sembarangan dilakukan harus ada indikasi awal. Misalnya, harus ada kasus, terjadi proses penularan dan banyak jentik nyamuk di lingkungan sekitar. “Jadi bukan supaya tidak terserang DBD dilakukan fogging, tetapi fogging bertujuan memutus mata rantai penularan.” ujarnya. (b/m2)

Kasus DBD di Kendari
Bulan Kasus Meninggal
Januari 68 2
Februari 64 1
Maret 30 1
Total 162 4

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy