Curi Pompa Air, Lima Pemuda di Konawe Diringkus – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Curi Pompa Air, Lima Pemuda di Konawe Diringkus

KENDARIPOS.CO.ID — Komplotan maling mesin pompa air yang kerap beraksi di kecamatan Abuki akhirnya ditangkap. Kepolisian Sektor (Polsek) Abuki mengamankan lima pemuda berinisial AP, TA, CI, FF dan IB. Kelimanya diringkus pihak berwajib lantaran mencuri mesin pompa air merk Alkon. Kelima tersangka itu masing-masing ditangkap di kecamatan Abuki kabupaten Konawe.

kapolsek Abuki Ipda Andriana Yusuf (empat dari kiri), saat memperlihatkan kelima tersangka pencurian mesin pompa air yang kerap beraksi di wilayah kecamatan Abuki di Mako Polsek Abuki.

Kapolsek Abuki Ipda Andriana Yusuf mengatakan, penangkapan itu berawal dari adanya aduan warga di kecamatan Abuki ihwal kehilangan mesin pompa air, belum lama ini. Atas laporan warga tersebut, pihaknya langsung melakukan penyelidikan dan menetapkan seorang tersangka berinisial AP. Dari hasil pengembangan serta informasi yang didapat kepolisian dari tersangka AP, Polsek Abuki berhasil mengungkap tersangka lain beserta barang bukti hasil pencurian.

“Dari lima tersangka, tiga diantaranya merupakan pelaku pencurian, sedangkan keduanya penadah. Kita juga menetapkan satu tersangka lain berinisial R sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO),” ujar Ipda Andriana Yusuf, saat press release di Mako Polsek Abuki akhir pekan lalu.

Lanjut Andriana Yusuf, kelima pelaku saat ini telah diamankan beserta dengan enam barang bukti mesin pompa air merk Alkon. Ia juga menyebut, dari hasil interogasi, kelima pelaku ini mengaku sudah melakukan pencurian sebanyak enam kali di wilayah hukum (wilkum) Polsek Abuki.

Aksi pelaku ini dilancarkan di tiga kecamatan yaitu, yakni kecamatan Padangguni, Asinua dan Abuki. Sambung perwira satu balok itu, para pelaku melancarkan aksinya dimalam hari. Mesin pompa Alkon yang dicuri itu lalu dijual murah kepada penadah dengan harga bervariasi mulai dari Rp 400 ribu hingga 800 ribu rupiah.

“Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, lima pelaku itu dikenakan pasal 363 KUHPidana tentang pencurian dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,” ungkap Ipda Andriana Yusuf. (c/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy