Curah Hujan Tinggi, BPBD Sultra Siaga Darurat – Kendari Pos
Metro Kendari

Curah Hujan Tinggi, BPBD Sultra Siaga Darurat

Nelayan menyandarkan perahunya di sepanjang Teluk Kendari. BMKG memprediksi curah hujan di bulan Maret s.d Mei meningkat

KENDARIPOS.CO.ID — Curah hujan di Maret diprediksi meningkat. Kondisi ini diprediksi akan berlangsung hingga bulan Mei. Untuk itulah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sultra meminta BPBD Kabupaten dan Kota diminta segera menerbitkan siaga darurat bencana menghadapi puncak penghujan.

“Kita harus tanggap khususnya bulan Maret ini hingga Mei nanti. Karena curah hujannya cukup tinggi. Makanya, kami telah menginstruksikan jajaran seluruh BPBD di daerah untuk siaga dan meningkatkan kewaspadaan,” kata Boy Ihwansyah, Kepala BPBD Sultra kemarin.

Setiap BPBD kata dia, harus mempunyai rencana kontijensi (Rekon). Sebab ini akan menjadi panduan menghadapi bencana alam dan tahapan dalam menjalankan tanggap darurat dan pemulihan. Didalamnya tertuang semua apa yang menjadi langkah-langkah kita ketika terjadi situasi tanggap darurat.

“Setiap tahun kita mengalami peristiwa rutin. Untuk itulah, BPBD harus diingatkan untuk ambil langkah kesiapsiagaan. Makanya, kita harus punya rekon sebagai dasar saat bertindak disituasi tanggap darurat,” jelasnya.

Berdasarkan prediksi Badan Metereologi Klimatologo dan Geofisika (BMKG), bagian besar wilayah Sultra pada Maret hingga Mei mendatang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. “Biasanya, hujan disertai angin kencang dan guntur. Angin kencang pada siang hingga sore hari berpeluang terjadi di wilayah Konawe Kota Kendari dan sebagian besar wilayah daratan. Sementara malam hari di wilayah Buton Selatan, Buton dan Baubau,” ungkap prakirawan cuaca Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Kendari, Nur Rohmi Utami kemarin.

Untuk kondisi suhu kata dia, berkisar antara 24 – 33 derajat celcius. “Kelembapan udara 65 – 95 persen, sedangkan untuk kecepatan angin yakni dari Barat Daya ke Barat Laut dengan kecepatan 2 – 20 km/jam,” tambahnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy