Cegah Covid 19, Pemkot Kendari Monitoring Empat Puskesmas – Kendari Pos
Metro Kendari

Cegah Covid 19, Pemkot Kendari Monitoring Empat Puskesmas

KENDARIPOS.CO.ID — Mulai mewabahnya Virus Corona (Covid-19) di Indonesia, membuat pemerintah baik ditingkat pusat maupun didaerah meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebarannya. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Di Kendari, Pemkot melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) di empat Puskesmas, yakni di Puskemas Benu-benua, Puuwatu, Wua-wua dan Puskesmas Abeli, kemarin.

Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir mengungkapkan pelaksanaan Monev kali ini bertujuan untuk mengecek kesiapan pusat layanan kesehatan pertama ini, utamanya mengecek kesiapan peralatan dan petugas puskesmas. “Kita harus siaga. Selain gencar sosialisasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dimasyarakat, tentunya puskemas dan rumah sakit (RS) kita harus siaga, mengingat penularan virus (Corona) yang begitu cepat,” ujarnya.

Meski di Kendari belum terdapat korban virus mematikan tersebut, Sulkarnain tetap menginstruksikan jajarannya terutama yang ada di puskesmas dan RS agar selalu siaga. “Puskesmas dan RS adalah garda terdepan kita dalam memerangi ini (Virus Corona, Red). Saya sudah instruksikan mereka untuk merespon masyarakat kita yang mengeluhkan sakit. 24 jam mereka siap,” kata Sulkarnain. Di kesempatan yang sama, Kepala Dinkes Kota Kendari Rahminingrum mengungkapkan bahwa monev kali ini selain sebagai bentuk kesiapan Pemkot mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Kendari, bertujuan untuk melihat secara langsung persiapan puskesmas dalam pelaksanaan re-akreditasi tahun 2020 serta mengevaluasi bagaimana tingkat kedisiplinan pegawai yang ada di puskesmas.

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir (kiri) saat menyambangi Puskesmas Jati Raya.

Ia berharap agar petugas puskesmas agar terus meningkatkan kinerja dan mutu pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. “Puskesmas adalah ujung tombak pelayanan kesehatan, untuk itu saya harap petugasnya melakukan pelayanan secara prima. Dengan begitu, Insyah Allah penyebaran virus corona bisa kita antisipasi, dan bukan hal mustahil puskesmas-puskesmas kita bisa terakreditasi paripurna,” ujar Rahminingrum.

Bukan hanya itu kata Rahminingrum, kini melalui Aplikasi Sikda (Sistem Informasi Kesehatan Daerah) Generik, masyarakat bisa langsung terlayani dengan cepat tanpa harus mendaftar secara manual. “Sekarang sudah tidak ada yang ribet. Masyarakat yang merasakan sakit bisa langsung ke Puskesmas untuk mendapatkan pelayanan medis. Semua sudah terkoneksi pusat layanan kesehatan seperti RS dan BPJS,” tandasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy