Calon Siswa Baru Ummusshabri Kendari Assesment Kompetensi – Kendari Pos
Edukasi

Calon Siswa Baru Ummusshabri Kendari Assesment Kompetensi

Suasana tes akademik calon siswa baru Ummusshabri

KENDARIPOS.CO.ID — Seperti tahun-tahun sebelumnya bahwa pendaftaran/penerimaan siswa baru untuk jenjang PAUD, MI, MTs dan MA lingkup Madrasah Terpadu Pesantren Ummusshabri Kendari dilaksanakan lebih awal, dibandingkan dengan sekolah/madrasah lainnya di Sulawesi Tenggara.Untuk tahun pelajaran 2020/2021 pendaftaran siswa baru dibuka sejak 9 Januari 2020 dan tes/seleksi masuk dilaksanakan pada tanggal 29 Februari 2020. Tes/seleksi masuk meliputi tes Akademik dan Kesehatan. Menurut kepala MTs Ummusshabri,Imanul Muttaqin, S.Pd.I bahwa Tes akademik bertujuan untuk mengukur tingkat kognisi dari calon siswa. Dengan menggunakan instrumenyang sesuai dengan standard pembelajaran di MTs Ummusshabri. Selain itu, hasil tes akademik juga berfungsi dalam memetakan kompetensi dasar yang telah dikuasai calon siswa Sehingga menjadi acuan dalam evaluasi progres perkembangan peserta didik setelah menempuh pendidikan di MTs Ummusshabri. “Adapun tes kesehatan bertujuan untuk mengetahui riwayat kesehatan calon siswa sehingga bermanfaat dalam menentukan bentuk pembinaan efektif di madrasah yang sesuai dengan kondisi kesehatan peserta didik ,” terangnya.

Imanul menambahkan bahwa selain pemeriksaan kesehatan, calon siswa juga wajib mengikuti tes urin, hal ini guna memastikan tidak ada calon siswa yg trindikasi sebagi pengguna narkotika dan zat adiktif lainnya. “Tes urin ini tidak hanya dilakukan pada saat seleksi masuk calon siswa baru, melainkan juga menjadi program MTs Ummusshabri yang akan dilaksanakan secara berskala guna mngantisipasi maraknya penggunaan obat obat terlarang dalam pergaulan remaja,” paparnya.

Kepala MI Ummusshabri, Fajri Ishak, S.Pd.I., M.Ed menambahkan bahwa selain tes Akademik dan Kesehatan yang diikuti oleh calon siswa baru, juga dilakukan tes wawancara kepada orang tua/wali calon siswa baru. “Tujuannya adalah untuk membangun komunikasi, silaturrahim dan komitmen dukungan pengembangan pendidikan di Pesantren Ummusshabri Kendari,” paparnya.

Ketua Yayasan Ummusshabri, Dr. Supriyanto. MA, menjelaskan bahwa assessment kompetensi sebagaimana yang dikatakan Kepala Madrasah tersebut meliputi keterampilan spiritual (spiritual skill), budaya keagamaan (religius culture), potensi belajar, dan potensi akademik. Semuanya menjadi modal penting untuk menjalani pendidikan di semua satuan pendidikan lingkup Yayasan Ummusshabri Kendari. “Karena itu, assessment kompetensi ini lebih ditujukan pada pemetaan potensi siswa, namun jika ada calon siswa yg memiliki kemampuan dan potensi akademiknya sangat rendah akan dipertimbangkan kelulusannya,”jelasnya.

Sebab, di semua satuan pendidikan lingkup Yayasan Ummusshabri Kendari sejak tahun lalu menerapkan double kurikulum, yaitu selain kurikulum nasional juga diperkaya dengan kurikulum internasional khususnya untuk 3 mata pelajaran, sains, math dan english. Sehingga semua calon siswa harus punya kemampuan yang mendukung. Selanjutnya Supriyanto berharap agar semua satuan pendidikan bisa menindaklanjuti hasil assessment kompetensi calon santri/siswa dengan menentukan jenis perlakuan sesuai kebutuhan anak.(adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy