Calon Jamaah Haji Kota Kendari Bebas Virus Corona – Kendari Pos
Metro Kendari

Calon Jamaah Haji Kota Kendari Bebas Virus Corona

KENDARIPOS.CO.ID — Pemberangkatan jemaah ke Baitullah ikut terkena imbas penyebaran virus Corona. Pemerintah Arab Saudi bahkan menyetop pemberangkatan jemaah umrah selama setahun. Agar pemberangkatan jemaah haji tak kena imbas, Pemkot Kendari mulai melakukan pemeriksaan Calon Jemaah Haji (CJH). Pemkot ingin memastikan CJH yang diberangkatkan terbebas dari virus Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, dr Rahminingrum mengatakan pemeriksaan kesehatan CJH untuk memberikan penjelasan mengenai cara mengatasi dan meminimalisir penyebaran virus Corona, seperti mencuci tangan sesering mungkin, melakukan pemeriksaan kesehatan secepat mungkin dan jika mengalami flu batuk untuk menggunakan masker.

“Bagi para calon jamaah haji, agar senantiasa mematuhi saran dan himbauan para petugas medis, kemudian para petugas kesehatan, untuk kiranya memberikan pelayanan yang sebaik baiknya kepada calon jemaah haji di Kota Kendari. Alhamdulillah setelah pemeriksaan, kondisi jamaah haji kita dalam kondisi sehat dan bebas virus corona,” kata Rahminingrum saat sek kesehatan CJH Kota Kendari di Puskesmas Poasia.
Ia berharap, setelah dari tanah suci agar tetap melakukan pemeriksaan di puskesmas di daerah tempat masing-masing agar bisa selalu terpantau kondisi kesehatannya.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Menular Dinkes Kota Kendari Samsul Bahri menjelaskan bahwa rangkaian pemantauan kesehatan para Calon Jamaah Haji sebelum hingga berangkat sudah dilakukan sebanyak dua kali dengan prosedur yang telah sesuai. “Pemeriksaan kesehatan sudah dua kali dilakukan seperti pengecekan tekanan darah, tes urin, pemeriksaan dokter, pemberian resep, dan pemberian vaksin,” jelas Samsul.

Sementara itu, saat dimintai keterangan terkait kasus virus Corona di Kota Kendari, Samsul mengaku, belum ada dan pihaknya tetap melakukan pemantauan. “Hanya suspek saja, tadi malam ada pasien tapi bukan Corona hanya tapi merskop karena baru pulang dari umrah. Sudah dirawat di rumah sakit, kalau Corona kita masih aman,” cetus pria berkopiah tersebut. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy