Bupati Koltim Getol Poles Jalur Kabupaten, Tony : Jalan Akses Paling Vital – Kendari Pos
Kolaka Timur

Bupati Koltim Getol Poles Jalur Kabupaten, Tony : Jalan Akses Paling Vital

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Kolaka Timur, H. Tony Herbiansyah sangat piawai mengatur Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Di tengah terbatasnya APBD, Tony Herbiansyah membangun daerah dengan berporos pada asas manfaat dan skala prioritas. APBD Kabupaten Koltim tahun 2020 ini sekira Rp 800 miliar. Berbekal anggaran yang tak sampai Rp 1 triliun itu, Tony Herbiansyah mampu membangun infrastruktur untuk kepentingan rakyatnya. Tahun ini, sekira 20 kilometer jalan akan dibalut dengan aspal hotmix.

Tony Herbiansyah mengaloasikan anggara sekira Rp 41,6 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK). “Jalan merupakan akses yang paling vital dalam menunjang mobilisasi barang dan jasa pada semua sektor. Untuk itu, salah satu prioritas saya adalah mengaspal jalan di kabupaten Koltim. Meski anggaran kita terbatas tetapi perlahan aspal jalan demi menopang dan menunjang distribusi barang dan jasa masyarakat,” kata Tony Herbiansyah kepada Kendari Pos, Rabu (18/3).

Bupati Koltim pertama ini menegaskan, sejak menjabat, dirinya selalu menyiapkan anggaran pembangunan infrastruktur. Tahun 2019 lalu, sekira 110 kilometer jalan dibangun. Mulai Desa Lalingato, penghubung Desa Orawa-Loea, Poli-Polia hingga Inebengi. Mantan Wakil Bupati Konawe ini mengatakan, anggaran tahun 2020 akan dialokasikan memoles ruas jalan Penanggo menuju Desa Atulano Kecamatan Lambandia akan dikerjakan tahun ini dengan kontruksi aspal hotmix.

“Saya tulus membangun daerah ini. Mulai dari jalan kita permulus, perkantoran, sekolah dan infrastruktur pendidikan, pembangunan desa. Kita porsikan berdasarkan jejang penganggarannya. Kita bangun jalan, jembatan dan bangunan lainnya secara merata di 12 kecamatan. Walau anggaran kami terbatas tetapi bukan menjadi kendala untuk berbuat. Saya membutuhkan kerjasama seluruh masyarakat Koltim dalam membangun daerah ini,” beber Tony Herbiansyah.

H. Tony Herbiansyah

Ketua DPW Nasdem Sultra itu berupaya merealisasikan usulan masyarakat tahun 2019 agar dikerjakan tahun 2020 ini. Seperti jalan penghubung Desa Penanggo menuju Desa Atolano Kecamatan Lambandia Koltim, Jalan Tinengi Solewatu, Jembatan di Uluiwoi dan Uesi. “Tetap kita akomodir jika itu tidak bisa dikerjakan pakai dana desa. Mengaspal jalan itu butuh dana miliaran rupiah. Tentu dengan kekuatan dana desa tak bisa dikerjakan sehingga Pemkab yang akomodir dan memang jalan penghubung dua desa tersebut sangat prioritas. Makanya tahun lalu diusulkan dan tahun ini kita kerjakan,” ungkap mantan Kepala BKD Sultra.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perhubungan Koltim, Bio Mansur mengatakan, ruas jalan Penanggo menuju Desa Atulano Kecamatan Lambandia akan dikerjakan tahun ini dengan anggaran sekira Rp 13,6 miliar. Jalan Tinengi-Solewatu dan Raraa-Poli-Polia dan Wia-Wia akan diaspal tahun ini. “Tender perencanaan sudah selesai. Kalau tender kontruksi fisik sedang dilengkapi berkasnya lalu ditayangkan,” ujar Bio Mansur. (kus/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy