BPBD Konawe Inventarisasi Korban Banjir di Waworaha – Kendari Pos
Konawe

BPBD Konawe Inventarisasi Korban Banjir di Waworaha

Samsul

KENDARIPOS.CO.ID — Banjir yang terjadi di Desa Waworaha, Kecamatan Lambuya pada Selasa (24/3) lalu, mulai surut. Meski tak ada korban jiwa, namun ratusan hektare lahan pertanian masyarakat sempat tergenang air dengan ketinggian bervariasi antara 1-1,5 meter. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe telah melakukan pendataan di wilayah terdampak banjir itu untuk memastikan keperluan bantuan yang nantinya bakal disalurkan.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Konawe, Ameruddin melalui Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik, Samsul, mengatakan, dua hari lalu telah menerima laporan dari Kepala Desa (Kades) Waworaha ihwal permohonan bantuan bencana banjir bagi 72 kepala keluarga. Hanya saja, sampai saat ini kerugian materiil belum bisa dirinci. Menindaklanjuti laporan itu, pihaknya langsung terjun ke lokasi bencana untuk melakukan inventarisasi.

“Kita sudah data di lapangan. Alhamdulillah, banjirnya sudah mulai surut,” ujar Samsul, Kamis (26/3). Ia menyebutkan, Desa Waworaha di Kecamatan Lambuya, memang merupakan wilayah langganan banjir. Pemkab Konawe telah memetakan masuk kategori desa tanggap bencana (Destana). Persoalan penanganan banjir memang menjadi domain BPBD Konawe. Ia mengaku, terkait persoalan air bersih dan kerugian warga yang lahan pertaniannya terendam bakal dikoordinasikan dengan instansi terkait.

“Saat ini kita fokus pada penanganan virus Corona. Tapi kita tidak menutup mata atas kejadian banjir itu. Kita akan koordinasi dengan Dinas PUPR dan Dinas Pertanian Konawe. Insya Allah secepatnya mereka bisa dibantu,” janjinya. (b/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy