BPBD Kolut Bentuk Satgas TRC Bencana – Kendari Pos
Kolaka Utara

BPBD Kolut Bentuk Satgas TRC Bencana

Kondisi banjir di Kecamatan Batu Putih, beberapa waktu lalu. Saat ini Pemkab Kolaka Utara melalui BPBD akan membentuk TRC sebagai relawan bencana yang siaga melakukan penanganan saat peristiwa alam terjadi seaktu-waktu.


KENDARIPOS.CO.ID — Mengefektifkan gerakan dalam merespon musibah atau bencana di lapangan, maka Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) akan membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC). Hal tersebut wajib direalisasikan pihak Organisasi Perangkat Kerja (OPD). Kepala BPBD Kolut, Hj. Syamsuryani, bahkan mengaku pihaknya telah menyebar undangan rencana pelatihan dan pembentukan TRC tersebut pada pekan depan.

Anggota yang memiliki fisik sehat, cekatan, disiplin dan siaga 24 jam menjadi prioritas untuk direkrut. “Musibah kita tidak tahu kapan datangnya. Tetapi setidaknya jika ada TRC, inilah yang diharapkan bergerak cepat ke lokasi,” tuturnya, kemarin. Personel TRC harus bertindak responsif di lapangan melakukan investigasi, menganalisa kejadian dan turut mengevakuasi korban. Tim serupa sebenarnya telah ada, namun bukan dalam kendali kewenangan instansinya secara langsung.

“Satu tim itu sebenarnya 24 orang anggota. Namun karena memang alokasi anggaran yang diporsikan ke OPD terbatas, hingga kami rampingkan untuk sementara menjadi 12 orang,” jelas Hj. Syamsuryani. Personel TRC akan digilir setiap hari bersiaga di kantor BPBD sebagai Posko induk siaga bencana. Ke depan, rekrutmen tim akan diperketat lagi. Sebab sebagai orang akan berhadapan langsung di medan bencana, harus punya keseriusan, ulet dan handal dalam kondisi apa saja.

“Dalam kondisi banjir, longsor hingga musibah angin puting beliung termasuk peristiwa lainnya, harus siap. Makanya kami butuh yang komitmen siaga 24 jam,” pungkas Syamsuryani. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy