Biaya Perjalanan Dinas Disesuaikan Standar Regional – Kendari Pos
Buton

Biaya Perjalanan Dinas Disesuaikan Standar Regional

Sunardin Dani

KENDARIPOS.CO.ID — Para aparatur sipil negara (ASN) yang gemar melakukan perjalanan dinas, dipastikan akan membatasi porsi keluar daerah. Presiden RI, Joko Widodo kini sudah membatasi anggaran perjalanan dinas pegawai. Itu termaktub dalam Perpres nomor 33 tahun 2020 yang ditandatangani sejak 20 Februari lalu dan mengatur soal standar harga satuan regional.

Dalam pasal 2 ayat 2 aturan itu disebutkan, dana yang dialokasikan oleh daerah untuk perjalanan dinas tak boleh melewati standar harga satuan regional yang telah ditetapkan. Pemda hanya boleh mengucurkan dana lebih besar jika memang situasi sedang tidak normal terkait harga yang melonjak tajam. Perjalanan dinas terdiri dari beberapa komponen, seperti uang harian, biaya transportasi, penginapan dan uang representasi perjalanan dinas.

Khusus uang harian semua pegawai akan diberlakukan sama. Baik itu pejabat eselon II maupun pegawai biasa. Sehingga besaran akhir yang akan diterima setiap pengguna surat tugas pasti akan menurun drastis bahkan bisa setengah dari total biasanya. Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Buton, Sunardin Dani, membenarkan hal itu. Ia mengaku, setiap wilayah punya standar harga berbeda dalam Perpres itu. Misalnya Sulawesi dan Papua tak mungkin sama. Dia pun mengakui jika alokasi untuk perjalanan dinas akan menurun jika Perpres itu diterapkan.

“Nanti 2021 baru diterapkan, karena nanti dibuatkan Perbup lagi. Tahun ini masih jalan seperti biasa,” katanya. Normalnya, saat ini sekali perjalanan dinas (tiga hari) sekelas eselon II bisa mendapatkan SPPD sebesar Rp 10 juta. “Saya tidak tahu perubahannya berapa, nanti kita hitung,” sambungannya. Jika ada pengurangan belanja di sektor perjalanan dinas kata dia, boleh jadi nominal tunjangan penghasilan ada penambahan. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy