Belajar dan Kerja di Rumah Diperpanjang : Siswa SD-SMP di Kendari Masuk Sekolah 14 April – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Belajar dan Kerja di Rumah Diperpanjang : Siswa SD-SMP di Kendari Masuk Sekolah 14 April

Sulkarnain Kadir

KENDARIPOS.CO.ID — Pandemi wabah corona virus disease 2019 (Covid-19) masih berstatus darurat secara nasional. Pemerintah daerah di Sultra belum mendapat instruksi melakukan lockdown dari pemerintah pusat.

Kendati begitu, Pemprov Sultra, Pemkot Kendari dan beberapa pemkab lainnya tak kehilangan cara memutus potensi penyebaran virus korona. Dinas Dikbud Sultra menambah masa belajar siswa di rumah hingga 29 Mei. Kebijakan itu tertuang dalam surat Kepala Dinas Dikbud Sultra bernomor 421/2001/2020 tertanggal 27 Maret yang diteken Asrun Lio.

Pemkot Kendari pun berinisiatif menambah penyesuaian masa kerja ASN di rumah (work from home) dan masa siswa belajar mandiri di rumah. ASN bekerja di rumah di mulai 30 Maret (hari ini) sampai 11 April 2020. Sebelumnya dimulai sejak 16 Maret dan berakhir besok (31 Maret). Kebijakan itu sebagai langkah pencegahan penyebaran virus korona itu tertuang Surat Edaran Wali Kota Kendari nomor 800/906/III/2020 yang diteken Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir meminta ASN instansi nonpelayanan agar menunaikan tugas dari rumah. Meski disarankan bekerja dari rumah, Sulkarnain berharap para pegawai tetap menjalankan tugasnya dengan penuh tanggungjawab dan profesionali.

“Mereka bukan libur. Tapi tempat bekerjanya yang kami pindahkan di rumah untuk sementara. Itu kami lakukan demi kesehatan pegawai dan sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus korona,” kata Sulkarnain Kadir kepada Kendari Pos, Minggu (29/3) kemarin.

Sementara bagi ASN di instansi yang melayani pelayanan publik, lanjut Sulkarnain, itu tetap masuk seperti biasa. Mereka adalah ASN RSUD Kota Kendari, seluruh Puskesmas, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Bagian Keuangan, Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah, Dinas Pemadam Kebakaran, Badan Penanggulanagan Bencana Daerah, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan.

“Mereka bisa dikata pahlawan kita. Meski di situasi seperti ini (penyebaran covid-19) mereka masih tetap melaksanakan tugas dikantor dan tempat-tempat pelayanan sebagaimana mestinya. Kita patut apresiasi. Semua demi percepatan penanangan virus itu,” kata Sulkarnain.

Bukan hanya itu, Wali Kota Kendari juga mengeluarkan SE Nomor : 420/905/III/2020 yang ditujukan pada seluruh kepala TK/PAUD, SD dan SMP se-Kota Kendari. Dalam SE itu, Sulkarnain memperpanjang masa siswa belajar mandiri di rumah hingga 11 April mendatang. Sebelumnya ditetapkan hingga 4 April 2020.

“Anak-anak sangat rentan terpapar wabah ini. Itu kita tidak inginkan. Oleh karena itu, hari ini (kemarin) saya sudah instruksikan seluruh kepala PAUD, SD hingga SMP untuk memperpanjang masa belajar dirumah. Anak-anak tidak boleh keluar dari rumah. Saya harap orang tua harus lebih tegas mengawasi,” pungkas Sulkarnain. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy