Beasiswa Wawonii Cerdas Capai Rp 6,4 Miliar – Kendari Pos
Konawe Kepulauan

Beasiswa Wawonii Cerdas Capai Rp 6,4 Miliar

Beasiswa

KENDARIPOS.CO.ID — Perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) bagi peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Pulau Wawonii, tetap besar dan menjadi prioritas utama. Anggaran beasiswa Wawonii Cerdas terus digelontorkan untuk mendukung pengembangan SDM di wilayah itu. Tahun ini, bantuan biaya pendidikan yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Konkep, bertambah menjadi Rp 6,4 miliar dari sebelumnya Rp 6,1 miliar pada tahun 2019 lalu.

Penambahan anggaran beasiswa Wawonii Cerdas yang dicetus Bupati Konkep, H. Amrullah dan Wakilnya Andi Muhammad Lutfi, saat terpilih tahun 2016 lalu, untuk meringankan biaya pendidikan generasi muda Wawonii di perguruan tinggi. Ada empat macam bantuan belajar yang ditawarkan Pemkab Konkep. Diantaranya, Wawonii Cerdas untuk prestasi akademik, prestasi nonakademik, kurang mampu dan beasiswa penyelesaian studi bagi mahasiswa yang sedang menyusus skripsi.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konkep, Andi Masdar, mengatakan, anggaran beasiswa Wawonii Cerdas terus mengalami peningkatan empat tahun terakhir ini. 2017 lalu, Wawonii Cerdas hanya dialokasikan sekira Rp 1 miliar, ditahun 2018 naik menjadi Rp 6 miliar dan ditahun 2019 meningkat Rp 6,1 miliar lebih dan tahun 2020 menjadi Rp 6,4 miliar. “Beasiswa Wawonii Cerdas ini kami peruntukan bagi mahasiswa asal Pulau Wawonii yang aktif kuliah di perguruan tinggi negeri, swasta dengan akreditasi kampus minimal C,” kata Andi Masdar, kemarin.

Ia membeberkan, pendaftaran beasiswa Wawonii Cerdas tahun 2020 akan dibuka mulai 16 Maret sampai 4 April mendatang. “Penerima beasiswa tahun lalu sebanyak 1.121 mahasiswa mulai dari diploma hingga strata dua (S2). Yang jelasnya penerima beasiswa ini harus memenuhi ktiteria,” ujar Ketua Panitia beasiswa Wawonii Cerdas itu. Untuk diketahui, program beasiswa Wawonii Cerdas, mendongkrak indeks pembangunan manusia (IPM) di wilayah itu. Jika tahun 2015 mencapai 62,56 maka hingga tahun 2018 lalu sudah naik menjadi 64,36. (c/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy