Bawaslu Sultra Terima 63 Laporan ASN Diduga tak Netral – Kendari Pos
Politik

Bawaslu Sultra Terima 63 Laporan ASN Diduga tak Netral

Hamiruddin Udu

KENDARIPOS.COL.ID — Kasus dugaan aparatur sipil negera (ASN) melanggar netralitas di Pilkada makin masif. Bawaslu Sultra mencatat 63 ASN telah dilaporkan atas dugaan tak netral di tujuh kabupaten yang gelar Pilkada. Kasus terbanyak di Wakatobi dengan jumlah 22 kasus ASN dilaporkan. Disusul Kabupaten Muna dengan 21 kasus dan Konawe Utara dengan 10 kasus.

Ketua Bawaslu Sultra Hamiruddin Udu mengatakan untuk menyikapi dugaan tindakan pelanggaran Pilkada, pihaknya melakukan penguatan dan rapat koordinasi melalui online meeting selama wabah corona merebak. Lembaganya telah menyiapkan aplikasi gowaslu untuk memudahkan publik yang mau menyampaikan laporan ke pengawas pemilu berkait dugaan pelanggaran Pilkada.

“Kami juga memiliki instrumen online untuk memastikan pelaksanaan pengawasan tahapan pilkada yang dilakukan jajaran panwas. Itu untuk memastikan proses penanganan pelanggaran pilkada ditangani oleh bawaslu kabupaten/kota dan panwascam. Hal ini kami lakukan untuk meminimalisir tindak pelanggaran Pilkada,” ujarnya saat ditemui kemarin, (27/3).

Sejauh ini 63 ASN dilaporkan melanggar netralitas. Rincianya 58 orang berkait dengan dugaan pelanggaran asas netralitas ASN dan 5 orang berkait dengan dugaan pelanggaran administrasi dan kode etik penyelenggara pemilu, yakni meloloskan anggota parpol sebagai penyelenggara di tingkat desa/kelurahan.

“Untuk menindaki pelanggaran tersetut kami memberlakukan dua strategi. Pertama melakukan pencegahan, yang dilakukan melalui sosialisasi baik menggunakan media sosial, baliho, spanduk, maupun mengirimkan surat imbauan kepada pihak-pihak yang kami identifikasi berpotensi melakukan pelanggaran. Termasuk, berupaya melibatkan masyarakat dalam melakukan pengawasan. Kedua, menindak pelaku pelanggaran dengan harapan ada efek jera, agar tidak diulang,” pungkasnya. (m3/b)

Kasus ASN Terlapor Melanggar Netralitas

Buton Utara : 3
Konawe Selatan: 6
Konawe Utara: 10
Wakatobi: 22
Muna : 21
Kolaka Timur: 1
Konawe Kepulayan: –

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy