Bawaslu Mubar Dorong Masyarakat Berpartisipasi Awasi Pemilu – Kendari Pos
Politik

Bawaslu Mubar Dorong Masyarakat Berpartisipasi Awasi Pemilu

Bawaslu Mubar Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif, Advokasi Pelanggaran dan Pidana Pemilu

KENDARIPOS.CO.ID — Tak ada pemilihan kepala daerah (pilkada) di Muna Barat (Mubar) tahun ini. Namun, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Muna Barat (Mubar) tetap aktif mendorong masyarakat supaya terlibat aktif (berpartisipasi) dalam pengawasan pemilu maupun pilkada. Sebagai langkah konkrit, selama tiga hari terakhir (mulai 3-5 Maret 2020), Bawaslu Mubar melaksanakan kegiatan advokasi pelanggaran dan pidana pemilu bertempat di Balai Desa Nihi, Kecamatan Sawerigadi.

Menghadirkan Kasat Reskrim Muna AKP Muh. Ogen Sairi,SH,MM sebagai pemateri dan juga Ketua BPD Eks Panwascam, dan Lembaga pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan sebagai peserta dalam kegiatan itu. Ketua Bawaslu Mubar, Ishak mengatakan, meski Mubar tidak melaksanakan Pilkada, namun sosialisasi tentang pengawasan pemilu dan pemilihan berkelanjutan tetap harus dilakukan. “Sesuai regulasi yang ada, di Mubar sudah tidak ada Pilkada. Namun, kami tetap aktif mengajak masyarakat berpartisipasi dalam pengawasan pemilu,” ungkap Ishak, kemarin.

Kordiv Hukum dan Penanganan Pelanggaran (HPP) Bawaslu Mubar, LM Yasri menambahkan, meski Bawaslu keterbatasan personel, namun tetap bekerja maksimal dalam melakukan dan meningkatkan pengawasan partisipatif masyarakat. “Partisipasi masyarakat sangat diperlukan. Ini demi maksimalnya pelaksanaan pesta demokrasi,” jelas Yasri.

Kapolres Muna, AKBP Deby Asri Nugroho melalui Kasat Reskrim AKP. Muh. Ogen Sairi menjelaskan, untuk menangani pelanggaran tindak pidana pemilu, tiga lembaga negara berperan. Mereka tergabung dalam tim Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakumdu): Bawaslu, Polri, dan Kejaksaan. “Tujuannya menyamakan persepsi dalam menangani tindak pidana pemilu,”jelas mantan Kasat Narkoba ini. Tak lupa juga dalam kesempatan itu, untuk menekan angka kriminalitas di masyarakat, Ogen mengimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). “Saya berharap untuk menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing. Jadilah contoh dan panutan yang terbaik khususnya dalam keluarga kita,” pesannya.

Koordinator Sekretariat Bawaslu Mubar, Harmin mengungkapkan, pihaknya selalu mendukung dan mensupport tugas dan fungsi serta kegiatan Komisioner Bawaslu Mubar. Terutama dalam melakukan sosialisasi pengawasan pemilu berkelanjutan. “Kami selalu memberikan dukungan dan memfasilitasi kegiatan Komisioner Bawaslu,” imbuhnya. (b/yaf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy