Bawaslu Dorong Masyarakat Ikut Awasi Pilkada – Kendari Pos
Politik

Bawaslu Dorong Masyarakat Ikut Awasi Pilkada

Ilustrasi Pilkada

KENDARIPOS.CO.ID — Keterlibatan semua pihak sangat penting dalam pengawasan pilkada serentak. Hal ini penting, mengingat sumber daya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sangat terbatas. Dengan dukungan dari masyarakat, sehingga pengawasan bisa lebih efektif. Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu menekankan seluruh jajarannya di daerah untuk mendorong partisipasi publik dalam memaksimalkan pengawasan.

“Tantangan kita kedepan semakin kompleks. Sekarang modus pelanggaran pilkada makin beragam dan canggih. Sehingga butuh SDM handal dan keterlibatan masyarakat,” ungkapnya. Berkaitan dengan itu, pihaknya meminta semua Bawaslu di daerah bersinergi dengan semua elemen dalam memaksimalkan pengawasan. Baik yang saat ini melaksanakan pilkada maupun tidak.

Bawaslu Kabupaten Bombana punya komitmen yang sama. Selain peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) jajaran, juga melakukan kegiatan pendidikan politik. Khususnya terkait tugas, pokok dan fungsinya sebagai salah satu penyelenggara pemilu. Hal itu dibuktikan dengan pelaksanaan advokasi penanganan pelanggaran pidana pemilu yang berlangsung di Hotel Istana, Rumbia.

Kegiatan edukasi penanganan pelanggaran Pemilu diikuti 100 peserta yang terdiri atas lurah dan kepala desa se-Kecamatan Rumbia dan Rumbia Tengah, jajaran kepolisian serta kejaksaan Bombana dan masyarakat umum. Ketua Bawaslu Bombana, Hasdin Nompo menjelaskan, tujuan pelaksanaan kegiatan itu sebagai upaya peningkatan pengetahuan bagi masyarakat tentang pencegahan awal terkait pelanggaran Pemilu.

“Ini untuk memberikan pemahaman terkait penanganan pelanggaran terhadap stakeholder dan masyarakat,” jelas Hasdin.
Untuk menambah wawasan dan edukasi masyarakat tentang masalah pidana kepemiluan, Bawaslu Bombana menghadirkan Kasat Reskrim Polres Bombana, AKP. Jupen Simanjuntak, Kasi Intel Kejari Bombana Supriadi, dan praktisi hukum Muh. Ikbal. Ditambahkan, dirinya berharap dengan pelaksanaan kegiatan ini, diharapkan publik mempunyai pengetahuan mengenai metode atau cara penanganan pelanggaran Pemilu. “Serta memiliki dan memahami bagaimana seluruh potensi pelanggaran pemilu ke depan dapat dicegah sejak dini. Demi terselenggaranya pemilu yang berkualitas sebagai instrumen kedaulatan rakyat,” tandasnya. (b/kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy