Bawaslu Buteng Ajak Masyarakat Berperan Antisipasi Pelanggaran Pemilu – Kendari Pos
Politik

Bawaslu Buteng Ajak Masyarakat Berperan Antisipasi Pelanggaran Pemilu

Ketua Bawaslu Buteng, Helius Udaya (putih) bersama anggota Panwas saat kegiatan advokasi dan pelanggaran pemilu di Hotel Findi, Rabu (4/3).

KENDARIPOS.COL.ID — Meski tak menggelar Pilkada 2020, Bawaslu Buton Tengah (Buteng) menggandeng Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memantapkan persiapan menghadapi pemilu mendatang. Lembaga yang dipimpin Helius Udaya mengajak masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya pelanggaran pemilu, terutama money politik.

Hal itu diungkapkan Ketua Bawaslu Buteng Helius Udaya saat rapat koordinasi advokasi pelanggaran dan pidana pemilu di Hotel Findi, Rabu (4/3). Ia meminta warga yang belum memili E-KTP untuk segera mengurus di Disdukcapil. Sebab identitas kependudukan, menjadi syarat untuk ikut berpatisipasi dalam pesta demokrasi.

Ia mengungkapkan kegiatan ini untuk saling bertukar pengetahuan terkait pelanggaran pemilu, seperti pelanggaran kode etik, administratif maupun pidana. Tidak sedikit, jumlah pelanggaran yang ditemui saat diadakan pesta demokrasi. Salah satunya, money politik yang masih membudaya di masyarakat. Hal itulah yang perlu diantisipasi kedepannya.

“Kita tidak bisa pungkiri money politik masih menjadi senjata ampuh meraup suara masyarakat. Kegiatan ini, bisa meningkatkan kembali keseriusan dalam meningkatkan pengawasan pemilu kedepannya. Semua pihak, dapat bekerja sama untuk menuntaskan segala perbuatan yang melanggar pemilu,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Buteng, Syamsuddin menyatakan lembaganya siap melayani segala kebutuhan masyarakat. Pengurusan identitas kependudukan, tentunya untuk mengetahui jumlah DPT Buteng. (rud/c).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy