Banyak yang Hilang, Pengelolaan Aset Pemprov Amburadul – Kendari Pos
Metro Kendari

Banyak yang Hilang, Pengelolaan Aset Pemprov Amburadul

KENDARIPOS.CO.ID — Pengelolaan aset Pemprov perlu menjadi perhatian. Hingga kini, banyak aset Pemprov yang bersengketa, dikuasai pihak lain bahkan harus lepas. Penyebabnya, sistem pengelolaan dan inventaris aset-aset milik pemerintah memang masih lemah. Tak heran, gubernur Sultra, Ali Mazi begitu gerah. Polisi NasDem ini pun meminta jajarannya mulai melakukan inventarisasi agar aset yang sedang berperkara hukum tak lepas.

Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Sultra, La Ode Ali Akbar mengakui tidak sedikit aset milik pemerintah yang hilang tidak terlepas dari pengelolaan yang masih amburadul. “Masih banyak aset pemerintah yang tidak jelas. Pengelolaanya amburadul,” ungkapnya saat ditemui di DPRD Sultra. Tidak hanya itu, Ali Akbar pun menduga hilangnya sejumlah aset milik pemerintah tidak terlepas dari ulah oknum internal. “Kalau soal keterlibatan pegawai dalam hilangnya aset pemerintah mungkin saja bisa terjadi. Oknum-oknum yang mengetahui aset pemerintah yang tidak tertata dengan baik dan tidak terawat,” ujarnya.

Putusan Mahkamah Agung (MA) telah memenangkan Pemprov
atas lahan eks PGSD. Namun hingga, lahan tersebut masih dikuasai pihak lain.
Pemprov mengklaim belum bisa melakukan pengosongan. Pasalnya, gugatan
serta merta masih diproses di pengadilan.

Ia lalu mencontohkan aset eks Perhutanda yang kini dipersewakan oleh oknum yang mengaku mantan Direktur Perhutada. “Itu juga akan kita laporkan ke pihak yang berwajib. Saat ini saya sedang mencari alas hak tanah tersebut kemudian saya akan laporkan,” tegasnya. Sementara itu, Wakil Ketua Komisi I Gunaryo pun meminta agar pemerintah lebih serius untuk mengurus aset-aset pemerintah. “Aset itu didapatkan melalui uang rakyat. Jadi, aset itu harus dijaga dengan baik. Jangan kemudian tidak diurus hingga bisa diklaim atau hilang begitu saja,” pungkasnya. (b/yog)

Aset Pemprov yang Bersengketa
Lahan Eks PGSD
Lahan P2ID
Stadion Lakidende
Lapangan Golf Sanggoleo
Lahan Eks Perhutda
Lahan Samping Hotel Same
Kawasan Nanga-nanga

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy