Bangun Pelabuhan Bandar Batauga, Pemkab Busel Alokasikan Rp 31 Miliar – Kendari Pos
Buton Selatan

Bangun Pelabuhan Bandar Batauga, Pemkab Busel Alokasikan Rp 31 Miliar


KENDARIPOS.CO.ID — Sudah enam tahun mekar sebagai otorita baru, Buton Selatan (Busel) belum juga memiliki pelabuhan sendiri. Padahal, Busel merupakan kabupaten dengan gugusan pulau-pulau. Hanya Kecamatan Batauga, Sampolawa dan Lapandewa yang sedaratan dengan Kota Baubau dan Buton. Empat kecamatan lainnya merupakan pulau terpisah. Itu artinya, transportasi laut sangat dominan di sana. Sayangnya itu belum didukung dengan infrastruktur memadai, salah satunya tidak adanya pelabuhan pada pusat ibu kota kabupaten.

Erick Hibali

Kapal-kapal yang datang dari Kecamatan Siompu, Kadatua atau Batu Atas hanya menepi di pesisir Batauga. Kemudian penumpang harus rela basah hingga selutut bila air sedang surut. Tidak heran jika aktivitas ekonomi para petani maupun nelayan setempat lebih banyak di Kota Baubau.
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Buton Selatan, Erick Hibali, mengakui kondisi tersebut.

Dia menjelaskan, Pemkab tak berdiam diri dengan keterbatasan itu. Sebab tahun ini sudah disiapkan anggaran sebesar Rp 31 miliar untuk pembangunan pelabuhan. “Kita bangun tahun ini, namanya Pelabuhan Bandar Batauga dan akan teritegrasi lengkap dengan terminal. Anggarannya dari APBD induk sebesar Rp 31 miliar,” jelasnya. Baik lokasi maupun desain kini sudah siap. Diperkirakan bisa tuntas akhir tahun ini dan digunakan tahun 2021 mendatang. “Kalau sudah ada, kita akan minta Jetliner (kapal Baubau-Kendari) bisa singgah ke Batauga juga,” sambungnya. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy