Bangun Dua Pelabuhan Penyeberangan, Pemkab Busel Anggarkan Rp 114 Miliar – Kendari Pos
Buton Selatan

Bangun Dua Pelabuhan Penyeberangan, Pemkab Busel Anggarkan Rp 114 Miliar

Erick Hibali

KENDARIPOS.CO.ID — Pulau Siompo dan Pulau Kadatua di Buton Selatan (Busel) akan segera terhubung dengan moda transportasi kapal feri. Tahun ini wilayah pemekaran dari Kabupaten Buton itu mendapat alokasi anggaran Rp 114 miliar untuk pembangunan pelabuhan penyeberangan di dua kecamatan itu. Masing-masing dijatah Rp 57 miliar dari Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Laut.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Busel, Erick Hibali, mengungkapkan, berkat komunikasi yang intens, pihaknya mampu meyakinkan Pemerintah Pusat jika daerah itu butuh sokongan dana untuk pembangunan sarana transportasi laut. Alasannya cukup rasional, empat dari tujuh kecamatan yang ada terpisah daratan dari ibu kota Batauga.

“Kita dapat alokasi dana pembangunan pelabuhan dari Kemenhub untuk Pelabuhan Siompu dan Kadatua. Masing-masing 57 miliar,” katanya, kemarin.

Erick menambahkan proyek itu akan dimulai tahun ini. Pemkab hanya ditugasi menyiapkan lahan dan sudah dipenuhi. Pelabuhan itu diproyeksi tuntas di 2021 mendatang. Nantinya, satu armada akan menghubungkan tiga lokasi yakni Siompu-Kadatua dan Batauga. “Di Batauga dibangun dengan dana APBD, pelabuhan penyeberangan akan terintegrasi dengan dermaga rakyat, supaya terpusat,” tandasnya. (c/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy