Bangun Bandara di Butur, 54 Hektar Lahan Sudah Disiapkan – Kendari Pos
Buton Utara

Bangun Bandara di Butur, 54 Hektar Lahan Sudah Disiapkan

Bupati Butur, Abu Hasan (topi merah) saat meninjau lokasi pembangunan Bandara di Desa Lantagi, Kecamatan Kulisusu, kemarin.

KENDARIPOS.CO.ID — Pembangunan Bandara di Kabupaten Buton Utara (Butur) mulai mendapatkan perhatian serius pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur). Bupati Butur, Abu Hasan meninjau langsung lokasi yang diproyeksi untuk mendaratkan pesawat terbang di Desa Lantagi, Kecamatan Kulisusu. Seluas 54 hektar tanah telah dibebaskan. Mantan Karo Humas Pemprov Sultra itu mengimbau masyarakat agar tidak menjual tanahnya kepada pengusaha atau oknum tertentu setelah rencana pembangunan moda transportasi darat dimulai.

“Saya minta kepala desa Lantagi memastikan tanah yang akan dibebaskan untuk pembangunan bandara tak dijual kepada orang lain. Saya yakin setelah pembangunan bandara dimulai, banyak orang ingin membeli tanah di area bandara,” ujar Abu Hasan kepada kepala desa saat mengunjungi lokasi pembangunan Bandara di Desa Lantagi, Rabu (12/3).

Mantan Karo Humas Pemprov Sultra itu menambahkan, letak geografis Buton Utara kepulauan untuk mengunjunginya harus menggunakan jalur darat dan laut waktu tempuh cukup lama. Olehnya itu, bandara sudah menjadi kebutuhan untuk menggaet investor yang ingin menanamkan investasi. “Apalagi, Butur sedang akan mengekspor kopra putih, pangan organik dan jambu mete. Bandara sudah menjadi kebutuhan. Luas lokasi yang kita sudah bebaskan seluas 54 hektar. Luas lahan diproyeksi pembangunan akan ditambah lagi,” terangnya.

Terkait realisasi pembangunan bandara, masih dalam tahap komunikasi dengan Kementerian Perhubungan. Terutama terkait mekanisme pembangunan sarana sisi darat dan udara untuk rencana mendaratkan pesawat di daerah berjuluk Lipu Tinadekono Sara tersebut.

“Setelah itu, desain pembangunan bandara akan dibuat. Kemudian, akan disampaikan ke dewan perwakilan rakyat daerah apakah bisa dianggarkan pembangunan bandara dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2021. Tapi, saya menargetkan ada anggaran untuk Bandara Butur tahun depan,” tandasnya. (b/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy