Arhawi Minta ke Menhub Bangun Pelabuhan Feri di Wakatobi – Kendari Pos
Nasional

Arhawi Minta ke Menhub Bangun Pelabuhan Feri di Wakatobi

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah (kiri), Bupati Wakatobi, Arhawi (dua dari kiri), dan Menhub Budi Karya Sumadi (kanan) saat memantau fasilitas Bandar Udara Matahora, akhir pekan lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Destinasi wisata di Kabupaten Wakatobi sudah mendunia. Daerah yang dipimpin Bupati Arhawi itu bersiap menuju New Bali (Bali Baru). Kabupaten Wakatobi termasuk salah satu dari 10 destinasi prioritas nasional.

Lima diantaranya telah dicanangkan tahun ini. Lima lainnya termasuk Wakatobi akan dikembangkan pada tahun 2021 mendatang. Untuk mendukung itu, semua fasilitas transportasi harus dipastikan tersedia dan memadai.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi berjanji akan bahas potensi pariwisata Wakatobi ke Presiden RI, Jokowi. Menurut Budi Karya Sumadi, dari lima New Bali yang akan dikembangkan tahun depan, Wakatobi termasuk salah satu yang masuk dalam konsentrasi Presiden Jokowi. “Kali ini kita pengamatan dan diskusi. Kalau diskusi untuk konektivitas udara, lapangan relatif sudah baik, walaupun nanti kita akan pikirkan untuk kembangkan,” ujarnya meninjau fasilitas sarana dan prasarana Bandara Matahora Wakatobi, akhir pekan lalu.

Kunjungan kali ini, Menhub juga membahas lima destinasi wisata prioritas nasional. Kata dia, konektivas ke beberapa tempat baik itu ke Makassar hingga Bali praktis belum ada. “Nah ini nanti yang akan kita bahas dan akan kita usulkan ke presiden agar ada satu langkah strategis yang bisa mendukung Wakatobi. Selain itu, soal dermaga dan kapal Pelni serta lainnya akan kami bahas secara khusus. Olenya itu saya perintahkan yang di sini agar segera menginventarisasi apa permasalahannya dan ini nanti akan menjadi program tahun 2021 mendatang,” kata Budi Karya Sumadi didampingi Direktur Bandar Udara, Nafhan, Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah dan Bupati Wakatobi, Arhawi.

Dalam kesempatan itu, Bupati Wakatobi Arhawi minta pembanguan pelabuhan feri di beberapa pulau yang sebelumnya pernah dibahas dengan Menhub saat kunjungan perdananya ke Wakatobi beberapa tahun lalu. Termasuk dermaga hingga kapal Pelni yang masuk ke Wakatobi.

Arhawi meminta solusi terkait hanya satu maskapai yang beroperasi di Wakatobi. Meski kemungkinan besar Garuda nanti akan kembali mengudara di Wakatobi dalam waktu dekat ini. “Kunjungan Menhub ke Wakatobi kali ini tentu membawa angin segar bagi Kabupaten Wakatobi. Selain membahas persoalan yang ada baik di bandara maupun di dermaga, lima destinasi baru yang akan dikembangkan termasuk Wakatobi di dalamnya akan dikembangkan tahun depan menjadi kabar baik yang akan kami sambut hangat,” ujar Arhawi. (thy/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy