Antisipasi Penyebaran Covid-19, Fakultas Farmasi UHO Produksi Hand Sanitizer – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Fakultas Farmasi UHO Produksi Hand Sanitizer

KENDARIPOS.CO.ID — Menjawab kelangkaan hand sanitizer di Kota Kendari, pihak Univeristas Halu Oleo (UHO) melalui Fakultas Farmasi melakukan terobosan dengan memproduksi hand sanitizer secara mandiri. Upaya ini dilakukan untuk mencukupi kebutuhan pencuci tangan berbahan antiseptic tersebut di lingkup Kampus Hijau. Kepala Laboratorium Fakultas Farmasi UHO, Dr. Muhammad Arba mengatakan, sebagai tahap awal pihaknya sudah berhasil membuat 50 liter hand sanitizer, yang langsung didistribusikan di rektorat dan setiap fakultas di lingkungan UHO. “Adanya kesulitan dalam pengadaan hand sanitizer. Makanya kami melakukan produksi sendiri hingga saat ini masih akan terus memproduksi,” ujarnya, Rabu (18/3).

Ia menjelaskan, dalam waktu dekat ini pihaknya juga bakal membuat kembali hand sanitizer dengan volume yang lebih banyak lagi yakni 100 liter, ini dilakukan karena belum semua tempat di kampus menerima bahan pembersih tangan tersebut. “Saat ini bahan baku pembuatan hand sanitizer stoknya sudah habis seperti etanol gliserol, kita sudah pesan bahannya dari Makassar. Kalau sudah ready (siap) baru kita buat kembali,” ujarnya. Pembuatan hand sanitizer sebenarnya tidak terlalu rumit dan menghabiskan waktu berjam-jam, sambungnya, cukup bahan-bahan yang dibutuhkan dicampur berdasarkan standar keamanan yang ditetapkan World Health Organization dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Proses formulasi pembuatan Hand Sanitizer yang diproduksi Fakultas Farmasi UHO.

Hand sanitizer ini terdiri dari beberapa rancangan formulasi yang dibuat, pertama etanol 96% sebanyak 833.3 ml, gliserol 98% sebanyak 41,7 ml, hidrogen peroksida (H2O2) sebanyak 14,5 ml dan air steril 100% dicukupkan hingga 1000 ml. “Jadi pembuatannya itu tidak harus di laboratorium FF, masyarakat awam juga bisa membuatnya yang penting komposisinya pas. Apalagi bahan-bahannya tersedia di apotik dan toko bahan kimia,” ucapnya.

Hand sanitizer yang di produksi, lanjut dia, volume satu botolnya kapasitas 300 Mili liter (Ml). Semoga dengan hand sanitizer ini civitas akademika dapat mendukung penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam merespon mewabahnya Covid-19 ini. Lebih jauh, pihaknya tidak menutup kemungkinan bakal mensuplai kebutuhan masyarakat setempat mendapatkan hand sanitizer secara gratis, semua itu tergantung komunikasi pihak Fakultas Farmasi dengan pimpinan universitas. “Untuk produksi hand sanitizer yang lebih besar, kita sementara melihat eskalasi penyebaran Covid-19 ini. Sebagai fakultas yang diamanahkan untuk membuat kami tetap akan memproduksi selama dibutuhkan,” pungkasnya. (idh/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy